Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction serta Dampaknya pada E-Loyalty (Survei pada Pengguna Aplikasi Fintech Mobile Payment di Kota Malang)

Main Author: Yasmine, Yashifa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh EService Quality terhadap E-Satisfaction (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh EService Quality terhadap E-Loyalty (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh ESatisfaction terhadap E-Loyalty. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi E-Service Quality, E-Satisfaction, dan ELoyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dengan usia minimal 17 tahun yang berdomisili Kota Malang dan telah menggunakan serta menggunakan layanan mobile payment di wilayah Kota Malang minimal dua kali dalam satu bulan terakhir dan menggunakan accout pribadinya pada aplikasi fintech mobile payment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa E-Service Quality (X1) berpengaruh signifikan terhadap E-Satisfaction (Z1), E-Service Quality (X1) berpengaruh signifikan terhadap E-Loyalty (Y1), E-Satisfaction (Z1) berpengaruh signifikan terhadap E-Loyalty (Y1).