Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Purchase Decision(Survei Online pada Followers Aktif Instagram dan Facebook Vauza Tamma Hijab)
Main Author: | Maulani, Lissa Suciati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172169/1/Lissa%20Suciati%20Maulani.pdf http://repository.ub.ac.id/172169/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menguji pengaruh variabel Social Media Marketing (X) terhadap Purchase Decision (Y). 2) Mengetahui dan menguji pengaruh variabel Social Media Marketing (X) melalui Brand Awareness (Z) terhadap Purchase Decision (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Social Media Marketing (X), Brand Awareness (Z), dan Purchase Decision (Y). Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online pada Followers aktif Instagram dan Facebook Vauza Tamma Hijab. Followers aktif pada penelitian ini merupakan Followers nyata dengan menggunakan akun Instagram ataupun akun Facebook yang asli milik pribadi dan pernah berinteraksi dengan Vauza Tamma Hijab melalui akun Instagram atau Facebook dan merupakan seorang wanita. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dan analisis jalur (path). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (Y) dan variabel Social Media Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision melalui Brand Awareness (Z). Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Vauza Tamma Hijab dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap Social Media Marketing, karena variabel Social Media Marketing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Brand Awareness dan Purchase Decision.