Analisis Kebutuhan Informasi Mahasiswaa Program Pendidikan Bahasa Asing di Perguruan Tinggi Negeri (Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang)
Main Author: | Putranti, Agatha Inge Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172159/1/Agatha%20Inge%20Eka%20Putranti.pdf http://repository.ub.ac.id/172159/ |
Daftar Isi:
- Perguruan tinggi saat ini menyediakan berbagai program studi bahasa asing. Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari mahasiswa di Indonesia. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan satu-satunya universitas negeri di Kota Malang yang membuka program studi Bahasa Jerman. Jumlah peminat Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman UM telah mengalami peningkatan dari tahun 2013-2017. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman menjalani kegiatan perkuliahan yang menimbulkan kebutuhan informasi. Kebutuhan informasi mereka penting untuk diperhatikan sebab informasi tersebut merupakan bekal mereka sebagai pengajar, pendidik, penerjemah, dan bekerja disektor pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan kebutuhan informasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, serta faktor pendukung dan penghambat yang dialaminya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 116 sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman menggunakan informasi tercetak (55%), terutama buku, serta informasi elektronik (50%) yang bersumber dari jurnal yang dilanggan Perpustakaan UM, situs berbahasa Jerman, kamus online, jurnal universitas lain, dan lembaga perpustakaan. Hasil juga menunjukan bahwa tingkat penggunan informasi berupa teks, gambar, video, dan audio dapat dikatakan tinggi dengan persentase masing-masing, 60%, 50%, 55%, dan 39%. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman memilki kesadaran informasi yang tinggi (52%) dan waktu luang yang cukup (45%). Penelitian juga menemukan bahwa tingkat ketersediaan OPAC di Perpustakaan UM rendah yang ditunjukan dengan persentase sebesar 29% sehingga perlu ditingkatkan. Perpustakaan UM perlu memperkini koleksi khususnya koleksi buku yang sangat sering digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidika Bahasa Jerman. Kemudian, Perogram Studi Pendidikan Bahasa Jerman UM perlu memberikan sosialisasi tentang pencarian informasi secara efektif kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menemukan informasi yang dibutuhkan ataupun alternatifnya.