Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile)

Main Author: Wibowo, Raka Yuwono Ario
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172114/1/Raka%20Yuwono%20Ario%20Wibowo-Skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172114/
Daftar Isi:
  • Banyaknya pengguna smartphone membuat beberapa perusahaan dibidang perbankan bersaing untuk menghadirkan layanan yang memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas perbankan dengan menggunakan layanan aplikasi mobile banking. Salah satu jenis aplikasi mobile banking yang ada adalah aplikasi JakOne Mobile yang dimiliki oleh Bank DKI dan aplikasi BCA Mobile yang dimiliki oleh Bank Central Asia. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua aplikasi perbankan yang memiliki karakteristik dan proses bisnis yang sama dalam memudahkan pengguna dari sisi kegunaan juga pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini memberikan analisis perbandingan user experience. Analisis dilakukan dengan skenario testing dan menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Skenario testing dilakukan kepada 8 orang responden berdasarkan empat parameter yaitu task completed, error during task performance, time per completed task, number of clicks during task performance. User experience questionnaire (UEQ) memiliki 6 aspek skala pengukuran yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, novelty, Kuesioner tersebut dibagikan kepada 30 responden. Setelah melakukan pengujian, responden diwawancara untuk mengetahui tanggapan dan permasalahan yang dialami selama melakukan pengujian skenario. Hasil dari pengujian skenario testing menunjukkan aplikasi Jakone Mobile lebih unggul pada parameter error during task performance, time per completed task, dan number of clicks during task performance. Sedangkan aplikasi BCA Mobile unggul pada parameter task completed. Hasil dari kuesioner UEQ menunjukkan aplikasi JakOne Mobile memiliki nilai yang lebih unggul pada aspek percpicuity, efficiency, dependability, stimulation. Sedangkan pada aspek attractiveness dan novelty aplikasi BCA Mobile memiliki nilai yang lebih unggul. Setelah data diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa aplikasi JakOne Mobile memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik dari aplikasi BCA Mobile.