Upaya Maskapai Penerbangan dalam Meningkatkan Kinerja On Time Performance (Studi pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia)
Main Author: | Aini, Rofifah Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172096/ |
Daftar Isi:
- On Time Performance (OTP) menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pada perusahaan penerbangan. On Time Performance (OTP) merupakan kemampuan maskapai penerbangan untuk berangkat atau tiba dengan tepat waktu. Obyek dari penelitian ini adalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia. On Time Performance (OTP) Garuda Indonesia pada tahun 2017 mengalami fluktuasi namun pada tahun 2018 mengalami kenaikan secara bertahap. Maskapai Garuda Indonesia berhasil mempertahankan prestasinya dalam lima besar maskapai global dengan jumlah penerbangan diatas sepuluh ribu melalui capaian On Time Performance (OTP). Melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP), serta faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Apa saja faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP)? Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari informan, dokumen, dokumentasi, dan observasi. Teknik pemilihan narasumber dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan tiga tahap analisis data yaitu pengumpulan data, pengklasifikasian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan faktor penyebab tidak tercapainya On Time Performance (OTP) berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang disebabkan oleh manajemen airline, meliputi faktor teknik, faktor station handling, faktor komersial, faktor sistem dan faktor flight operations. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor penyebab diluar dari manajemen airline, meliputi faktor fasilitas bandara, faktor cuaca dan faktor bermacam-macam. Pihak maskapai penerbangan telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi keterlambatan atau On Time Performance (OTP) yang tidak tercapai, sehingga dengan adanya upaya tersebut dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan prestasinya melalui capaian kinerja On Time Performance (OTP).