Daftar Isi:
  • Data Koporasi Jasa Raharja (DASI-JR) merupakan sistem informasi yang digunakanPT. Jasa Raharja (Persero) untuk membantu mengelola data-data pelayanan dan keuangan. Sistem informasi manajemen berbentuk aplikasi database yang terintegrasi antara data-data yang berada di kantor Perwakilan, Cabang dengan data-data yang berada di kantor pusat.Penerapan pada Perwakilan Kediri, memberikan kemudahan dalam pembayaran santunan kecelakaan lalu lintas sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam pencairan dana santunan kecelakaan.Permasalahan yang terjadi sebelum diberlakukan sistem informasi DASI-JR adalah (1) Tidak adanya tertib administrasi pembayaran dana santunan; (2) Data-data yang dilimpahkan oleh kepolisian kepada aparatur PT. Jasa Raharja (Persero) banyak yang tidak diproses secara cepat disebabkan oleh proses yang masih bersifat manual.Permasalahan setalah diberlakukan sistem informasi DASI-JR adalah (1) Jika server down pelayanan akan berhenti; (2) karena DASI tidak berjalan, proses input data akan mengulang dari awal; (3) Pada beberapa proses masih bersifat manual seperti data laka atau data kecelakaan polisi; (4) Karena data laka bersifat manual, beberapa proses pelayanan tidak berjalan (5) proses pelayanan yang tidak berjalan menyebabkan penurunan kinerja proses operasional; (6) Penggunaan username secara bersamaan menyebabkan kesalahan input data. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini analisis kinerja sistem informasi DASI-JR menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Eficiency dan Sevice) pada DASI-JR.Berdasarkananalisis PIECES menunjukan bahwahasil mean keseluruhan sebesar 3.92. Padavariabelperformancemeansebesar 4.01yang menunjukkan bahwa performance DASI-JR dinilai baik,berada diatas nilai meankeseluruhan. Pada variabelinformationmeansebesar 4.11yang menunjukkan bahwa information DASI-JR dinilai baik, berada diatas nilai mean keseluruhan. Padavariabeleconomic meansebesar 3.78 yang menunjukkan bahwaeconomic DASI-JR dinilai buruk, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Padavariabelcontrol meansebesar 3.88 yang menunjukkan bahwacontrol DASI-JR dinilai buruk, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Padavariabelefficiency meansebesar 3.94yang menunjukkan bahwa efficiency DASI-JR dinilai baik, berada diatas nilai mean keseluruhan. Padavariabelservice meansebesar 3.75 yang menunjukkan bahwaservice DASI-JR dinilai buruk, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Dapat disimpulkan variabeleconomic, control dan service menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan, jika dilihat dari meankeseluruhan.