Evaluasi Perbandingan Ranking Antara Proposed Value Dan Perceived Value Terhadap E-Ticketing Berdasarkan Model Uxhoneycomb

Main Author: Julianinda, Frita Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172082/1/Frita%20Dwi%20Julianinda%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172082/
Daftar Isi:
  • Traveloka, Tiket.com dan Pegi – pegi merupakan aplikasi sebagai penyedia layanan yang mewadahi penyaluran dan penjualan tiket transportasi secara online. Banyaknya pengguna sebuah produk atau aplikasi, tentu tidak menjamin kepuasan user experience dari sebuah aplikasi. Pada saat ini ketiga aplikasi eticketing mampu menawarkan proposed value yang dapat dirasakan oleh pengguna saat menjalankan atau menggunakan aplikasi. Proposed value digunakan untuk memberikan pengalaman dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam pengembangan sebuah aplikasi berbasis online yaitu Traveloka, Tiket.com, dan Pegi – pegi. Pada aplikasi tersebut memiliki value yang ditawarkan kepada pengguna dan value yang dirasakan dari pengalaman pengguna. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi value yang telah diberikan dan dirasakan oleh pengguna dengan menggunakan metode UX Honeycomb yang dapat menjelaskan kualitas pengalaman pengguna. Pada UX Honeycomb terdapat tujuh aspek yaitu useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, valueable. Aspek UX Honeycomb tersebut akan dirangking untuk mendapatkan hasil evaluasi perbandingan dari proposed value dan perceived value pada setiap aplikasinya. Berdasarkan hasil perbandingan proposed value dan perceived value yang dilakukan pada setiap aplikasi tersebut yang perlu ditingkatkan pada Traveloka adalah desirable, pada Tiket.com yang perlu ditingkatkan adalah findable, sedangkan pada pegi – pegi yang harus ditingkatkan adalah valueable.