Pengaruh Country Of Origin dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Masyarakat Kecamatan Cipayung Kelurahan Cilangkap yang Pernah Membeli Tablet Samsung di Kota Jakarta)
Main Author: | Lusiana, Willi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172061/1/Willi%20Lusiana.pdf http://repository.ub.ac.id/172061/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh country of origin dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut akan memberikan gambaran apakah keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh country of origin dan citra merek dari sebuah produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Country Of Origin, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dengan usia diatas 17 tahun yang berdomisili di Kota Jakarta dan pernah membeli tablet Samsung di Kota Jakarta minimal satu kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Linier Berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara country of origin dan citra merek terhadap keputusan pembelian secara simultan. Hal ini terbukti dari nilai F hitung sebesar 31,682 > F tabel 3,08 dengan nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05). Secara parsial country of origin tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini terbukti pada nilai t hitung variabel bebas country of origin (X1) sebesar 0.252 dengan sig. T (0.801) > sig. α (0.05), sedangkan variabel citra merek memiliki nilai t hitung sebesar 6.795 dengan sig. T (0,000) < sig. α (0.05) sehingga dapat dikatakan bahwa Citra Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).