Pengembangan Sistem Informasi Asesmen Lembaga Sertifikasi Profesi Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Negeri 4 Malang)

Main Author: Vinanda, Arif Rahmadani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172053/1/Arif%20Rahmadani%20Vinanda%20-%20Skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172053/
Daftar Isi:
  • SMK Negeri 4 Malang salah satu Lembaga yang mendapatkan lisensi sebagai penyelenggara sertifikasi profesi untuk siswa SMK dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pada proses sertifikasi profesi terdapat dokumen yang harus diisi oleh asesor dan siswa yang berjumlah lebih dari 50 (lima puluh) lembar halaman untuk satu siswa. Hal tersebut menimbulkan masalah yakni waktu pengisian, penyimpanan, dan penggunakan kertas yang berlebih. Penelitian menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall tanpa melakukan proses deployment. Untuk metode pengambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi pada dokumen fisik asesmen pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Dari hasil wawancara dan observasi didapatkan kebutuhan perangkat lunak bagi dua aktor atau pengguna yakni siswa dan asesor yang selanjutnya digambarkan pada beberapa diagram unified modeling language sebelum dilakukan proses implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan framework CodeIgniter. Untuk proses pengujian pertama menggunakan metode black-box dengan teknik error guessing yang menguji kemungkinan error yang akan terjadi pada sistem. Hasil yang didapatkan ialah seluruh kemungkinan error telah dapat tertangani dengan baik ditunjukkan dengan seluruh pengujian mendapatkan hasil valid. Untuk pengujian kedua menggunakan metode user acceptance test yakni melihat penerimaan sistem oleh pengguna menggunakan kuisioner yang diberikan. Hasil yang didapatkan ialah seluruh responden memberikan jawaban “ya” pada setiap pertanyaan yang diberikan. Dari hasil tersebut dilakukan proses acceptance decision atau pengambilan keputusan terkait penerimaan menunjukkan bahwa seluruh fungsional atau dari segi usefulness sistem dapat diterima secara penuh oleh pengguna baik siswa maupun asesor.