Digitalisasi Layanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penerapan E-Faktur Bagi Pengusaha Kena Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama)
Main Author: | Sandhi, Rifqi Arya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan E-Government oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan membuat aplikasi E-Faktur untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan urgensi penerapan e-faktur secara simultan dan parsial berpengaruh dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Lama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan data berupa angka, data berupa angka tersebut diambil dari jawaban responden dalam kuesioner yang diberikan oleh peneliti yang sudah diberikan skala pengukuran yaitu skala likert, sehingga data dapat diolah lebih lanjut dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi kemudahan penggunaan e-faktur (X1), persepsi manfaat penggunaan e-faktur (X2), dan urgensi penerapan e-faktur (X3) dan variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak (Y). Berdasarkan uji statistik SPSS; (1) Persepsi kemudahan penggunaan efaktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (2) Persepsi manfaat penggunaan e-faktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (3) Urgensi penerapan e-faktur berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (4) Persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan urgensi penerapan e-faktur secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.