Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Yang Akan Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Dalam Pembelajaran Produktif Jurusan Multimedia (Studi Kasus: Smk Negeri 11 Malang)
Main Author: | Putri, Fadillah Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172047/1/Fadillah%20Eka%20Putri%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172047/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan adalah sesuatu kebutuhan yang mendasar bagi manusia, dalam pendidikan itu sendiri ada kegiatan yang utama yaitu pembelajaran. Pembelajaran bisa diartikan sebagai suatu interaksi antara guru dan peserta didik dengan memanfaatkan sumber belajar atau media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan guru untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran, media pembelajaran juga bisa mempengaruhi minat belajar dan motivasi belajar. Minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi bisa memprediksi hasil belajar yang tinggi pula. Di SMK Negeri 11 Malang, dalam mengajar produktif kelas XI jurusan Multimedia, guru selalu menggunakan media pembelajaran. Tetapi masih saja ditemukan permasalah dalam kegiatan pembelajaran, yang pertama peserta didik lebih cenderung diam jika mendapat kesulitan atau dengan kata lain kurang aktif di kelas, yang kedua para peserta didik juga tidak selalu mengumpulkan tugas tepat waktu, yang ketiga para peserta didik kurang bisa mengembangkan kreatifitas mereka, dan yang keempat dari hasil belajarnya terlihat peserta didik yang kurang aktif bisa mendapatkan nilai yang lebih bagus daripada peserta didik yang aktif. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif mempengaruhi minat belajar dan motivasi belajar yang kemudian apakah minat belajar belajar dan motivasi belajar juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian untuk data hasil belajar diambil dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Sampel yang digunakan menggunakan sampling jenuh atau mengambil seluruh populasi yaitu sebanyak 82 peserta didik. Untuk pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, pengujian parsial (uji-t), pengujian simultan (uji-f) dan koefisien determinasi. Peneliti menggunakan software SPSS 25 untuk membantu mengolah data. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu: (1) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif secara parsial mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia, dibuktikan dari nilai 9,420 > 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (2) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif secara parsial mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia, dibuktikan dari nilai 9,012 > 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (3) Minat belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara parsial tidak mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai-0,656 < 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (4) Motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara parsial tidakvi mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai 0,127 < 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (5) Minat belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara simultan tidak mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai 0,775 < 3,09 dengan taraf signifikansi 5%.