Evaluasi Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap Sistem Informasi Akademik (Siakad) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs)

Main Author: Fatima, Meirina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172025/1/Meirina%20Fatima_Skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172025/
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) merupakan sistem informasi yang digunakan untuk melayani mahasiswa UIN Maliki Malang terkait akademik dengan melibatkan teknologi. Namun, terdapat keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa seperti tidak akuratnya nilai mahasiswa yang ditampilkan oleh SIAKAD, server sering mengalami gangguan serta sulitnya bagi mahasiswa dalam menggunakan SIAKAD dikarenakan tidak adanya sosialisasi dalam penggunaan SIAKAD dan tidak adanya buku panduan SIAKAD. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna akhir, maka perlu dilakukan evaluasi berdasarkan persepsi pengguna akhir terhadap SIAKAD UIN Maliki Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang diteliti dengan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap SIAKAD UIN Maliki Malang yang terdiri dari variabel content, accurcy, format, ease of use, timeliness, dan user satisfaction. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner offline ke mahasiswa S1 UIN Malang sebanyak 120 mahasiswa. Selanjutnya data diolah dengan melihat apakah data valid dan reliabel. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa variabel content memiliki nilai 3.08 termasuk dalam kategori puas. Sedangkan variabel accuracy memperoleh nilai 2.75 termasuk dalam kategori kurang puas, format memperoleh nilai 2.90 termasuk dalam kategori kurang puas, ease of use memperoleh nilai 2.89 termasuk dalam kategori kurang puas, timeliness memperoleh nilai 2.64 termasuk dalam kategori kurang puas, dan user sartisfaction memperoleh nilai 2.89 termasuk dalam kategori kurang puas. Rekomendasi yang dapat diberikan berfokus pada variabel yang termasuk dalam kategori kurang puas.