Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Tulungagung Tourism Dengan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq)
Main Author: | Rolando, Edo Yokko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172020/1/Edo%20Yokko%20Rolando_Full%20Text%20Skripsi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172020/ |
Daftar Isi:
- Aplikasi Tulungagung Tourism merupakan suatu aplikasi dalam bidang pariwisata dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Aplikasi ini berguna untuk para wisatawan yang berasal dari Tulungagung atau bahkan dari luar Tulungagung, untuk mengetahui informasi dan rekomendasi tentang spot wisata yang ada di Tulungagung. Suatu aplikasi tentunya harus mempunyai usability yang baik sehingga pengguna akan mempunyai pengalaman yang baik pada saat menggunakan suatu aplikasi. Berbeda pada aplikasi mobile Tulungagung Tourism. Pada aplikasi ini mempunyai masalah terkait usability seperti pengguna tidak mendapatkan output yang mereka harapkan pada saat mengoperasikan aplikasi. Pada penelitian ini akan menganalisis suatu tingkat usability berdasarkan pengalaman pengguna pada aplikasi mobile Tulungagung Tourism dengan menggunakan metode usability testing dan user experience questionnaire (UEQ). Metode usability testing digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas dan tingkat efisiensi dari aplikasi ini. Lalu, pada metode User Experience Questionnaire (UEQ) akan mengukur tingkat kepuasan dengan menggunakan konsep hedonic quality, dimana pada konsep tersebut akan melihat skala stimulation dan novelty dari metode UEQ tersebut. Pada penelitian ini nantinya mempunyai hasil akhir yaitu suatu rekomendasi prototype antarmuka baru dengan acuan dari hasil evaluasi aplikasi mobile Tulungagung Tourism dengan antarmuka lama. Setelah dilakukan analisis pada hasil evaluasi lanjut menggunakan metode usability testing, dihasilkan tingkat efektifitas pada antarmuka baru sebesar 99,73%. Sedangkan tingkat efisiensi pada antarmuka baru sebesar 97,61%, dimana selisih kenaikan pada hasil evaluasi antarmuka lama cukup tinggi. Untuk tingkat kepuasan sendiri yang diperoleh dari metode UEQ dihasilkan rata-rata sebesar 1,8 dari skala 3, dimana hasil tersebut mengalami kenaikan pula. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perancangan user interface atau antarmuka baru dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada pengalaman pengguna pada antarmuka lama.