Pengaruh Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) Terhadap Organizational Citizeship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Astra International Tbk-TSO Auto 2000 Malang Sutoyo)

Main Author: Maharani, Pingki Deanira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172005/1/Pingki%20Deanira%20Maharani.pdf
http://repository.ub.ac.id/172005/
Daftar Isi:
  • Organizational citizenship behavior (OCB) adalah perilaku tambahan diluar diskripsi pekerjaan dalam organisasi. Terdapat banyak faktor yang dapat membentuk organizational citizenship behavior (OCB) karyawan menjadi lebih baik, diantaranya kepemimpinan pelayan (servant leadership) dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan pelayan (servant leadership) terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior (OCB) pada PT. Astra International Tbk-TSO Auto 2000 Malang Sutoyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menjelaskan pengaruh variabel kepemimpinan pelayan (servant leadership) terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior (OCB). Populasi dalam penelitian ini adalah 142 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling dengan mengambil sampel dari setiap divisi yang ada di PT. Astra International Tbk-TSO Auto 2000 Malang Sutoyo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dan dokumentasi. Peneliti menggunakan path analisis dengan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan variabel kepemimpinan pelayan (servant leadership) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel kepemimpinan pelayan berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan kepuasan kerja memediasi pengaruh antara kepemimpinan pelayan (servant leadership) terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kepemimpinan pelayan (servant leadership) memiliki pengaruh pada kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior (OCB). Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi kepemimpinan pelayan (servant leadership) akan berdampak positif pada kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior (OCB).