Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi)
Main Author: | Himawan, Arfian Prambudi Yosmady |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171992/1/Arfian%20Prambudi%20Yosmady%20Himawan.pdf http://repository.ub.ac.id/171992/ |
Daftar Isi:
- Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan pelayanan perizinan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sebelum adanya Mal Pelayanan Publik, layanan IMB menghadapi berbagai masalah seperti adanya pungli dan waktu penyelesaian yang lama. Setelah adanya Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi, segala jenis perizinan telah dilakukan di dalam satu tempat. Termasuk layanan IMB yang telah diberikan di Mal Pelayanan Publik oleh DPMPTSP sejak tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi layanan Izin Mendirikan Bangunan pada DPMPTSP di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan Izin Mendirikan Bangunan pada DPMPTSP di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan teori inovasi dalam pemerintahan (Sangkala, 2013:38). Faktor pendukung pelaksanaan layanan IMB adalah pemimpin yang mendukung inovasi, pegawai yang terdidik dan terlatih, fasilitas yang memadai, serta pengembangan tim dan kemitraan. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan IMB adalah lokasi pelayanan yang tidak terjangkau bagi masyarakat wilayah Banyuwangi bagian selatan dan bagian barat, sosialisasi kepada masyarakat, dan jumlah sumber daya manusia.