Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang)

Main Author: Putra,, Rizky Edyatna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/171933/
ctrlnum 171933
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171933/</relation><title>Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode&#xD; Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang)</title><creator>Putra,, Rizky Edyatna</creator><subject>004.068 Information technology--Management</subject><description>Pada SMK 1 Muhammadiyah Malang terdapat perpustakaan sekolah yang&#xD; menyediakan koleksi buku dan berbagai majalah untuk digunakan sebagai media&#xD; pembelajaran oleh siswa maupun guru yang ada di sekolah. Saat ini, perpustakaan masih&#xD; menggunakan sistem pembukuan untuk melayani aktivitas pelayanan peminjaman buku dan&#xD; pengembalian buku. Petugas perpustakaan mencatat semua aktivitas pelayanan yang telah&#xD; dilakukan pada buku folio bergaris, sehingga petugas menghabiskan banyak waktu untuk&#xD; melakukan aktivitas pelayanan peminjaman buku maupun pengembalian buku, serta belum&#xD; adanya pengolahan denda secara otomatis. Petugas perpustakaan juga melakukan&#xD; pencatatan ulang untuk pembuatan laporan transaksi peminjaman buku dan pengembalian&#xD; buku. Maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi perpustakaan&#xD; yang dapat mengatasi masalah keefisienan waktu pada saat melakukan peminjaman buku,&#xD; pengembalian buku, pengolahan denda serta pembuatan laporan transaksi. Metode&#xD; penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Extreme Programming (XP)&#xD; dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan yang akan dibangun dan menggunakan&#xD; bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk mempermudah perancangan&#xD; sistem yang akan dibangun. Implementasi sistem akan menggunakan bahasa pemrograman&#xD; C-Sharp (C#). Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan dengan menggunakan metode&#xD; wawancara, menghasilkan 8 (delapan) fitur dan 10 (sepuluh) kebutuhan fungsional. Hasil&#xD; pengujian white-box testing dan black-box testing menyatakan valid, yang artinya sistem&#xD; dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hasil pengujian User&#xD; Acceptance Testing (UAT) menunjukkan bahwa sistem 100% dapat diterima dan layak&#xD; digunakan oleh pengguna yaitu petugas perpustakaan.</description><date>2019-07-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf</identifier><identifier> Putra,, Rizky Edyatna (2019) Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/463/051905846</relation><recordID>171933</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putra,, Rizky Edyatna
title Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang)
publishDate 2019
topic 004.068 Information technology--Management
url http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/171933/
contents Pada SMK 1 Muhammadiyah Malang terdapat perpustakaan sekolah yang menyediakan koleksi buku dan berbagai majalah untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa maupun guru yang ada di sekolah. Saat ini, perpustakaan masih menggunakan sistem pembukuan untuk melayani aktivitas pelayanan peminjaman buku dan pengembalian buku. Petugas perpustakaan mencatat semua aktivitas pelayanan yang telah dilakukan pada buku folio bergaris, sehingga petugas menghabiskan banyak waktu untuk melakukan aktivitas pelayanan peminjaman buku maupun pengembalian buku, serta belum adanya pengolahan denda secara otomatis. Petugas perpustakaan juga melakukan pencatatan ulang untuk pembuatan laporan transaksi peminjaman buku dan pengembalian buku. Maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi perpustakaan yang dapat mengatasi masalah keefisienan waktu pada saat melakukan peminjaman buku, pengembalian buku, pengolahan denda serta pembuatan laporan transaksi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Extreme Programming (XP) dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan yang akan dibangun dan menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk mempermudah perancangan sistem yang akan dibangun. Implementasi sistem akan menggunakan bahasa pemrograman C-Sharp (C#). Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, menghasilkan 8 (delapan) fitur dan 10 (sepuluh) kebutuhan fungsional. Hasil pengujian white-box testing dan black-box testing menyatakan valid, yang artinya sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hasil pengujian User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan bahwa sistem 100% dapat diterima dan layak digunakan oleh pengguna yaitu petugas perpustakaan.
id IOS4666.171933
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:53Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:53Z
recordtype dc
_version_ 1751454114582102016
score 17.538404