Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang)
Main Author: | Putra,, Rizky Edyatna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/171933/ |
ctrlnum |
171933 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171933/</relation><title>Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode
Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang)</title><creator>Putra,, Rizky Edyatna</creator><subject>004.068 Information technology--Management</subject><description>Pada SMK 1 Muhammadiyah Malang terdapat perpustakaan sekolah yang
menyediakan koleksi buku dan berbagai majalah untuk digunakan sebagai media
pembelajaran oleh siswa maupun guru yang ada di sekolah. Saat ini, perpustakaan masih
menggunakan sistem pembukuan untuk melayani aktivitas pelayanan peminjaman buku dan
pengembalian buku. Petugas perpustakaan mencatat semua aktivitas pelayanan yang telah
dilakukan pada buku folio bergaris, sehingga petugas menghabiskan banyak waktu untuk
melakukan aktivitas pelayanan peminjaman buku maupun pengembalian buku, serta belum
adanya pengolahan denda secara otomatis. Petugas perpustakaan juga melakukan
pencatatan ulang untuk pembuatan laporan transaksi peminjaman buku dan pengembalian
buku. Maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi perpustakaan
yang dapat mengatasi masalah keefisienan waktu pada saat melakukan peminjaman buku,
pengembalian buku, pengolahan denda serta pembuatan laporan transaksi. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Extreme Programming (XP)
dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan yang akan dibangun dan menggunakan
bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk mempermudah perancangan
sistem yang akan dibangun. Implementasi sistem akan menggunakan bahasa pemrograman
C-Sharp (C#). Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan dengan menggunakan metode
wawancara, menghasilkan 8 (delapan) fitur dan 10 (sepuluh) kebutuhan fungsional. Hasil
pengujian white-box testing dan black-box testing menyatakan valid, yang artinya sistem
dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hasil pengujian User
Acceptance Testing (UAT) menunjukkan bahwa sistem 100% dapat diterima dan layak
digunakan oleh pengguna yaitu petugas perpustakaan.</description><date>2019-07-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf</identifier><identifier> Putra,, Rizky Edyatna (2019) Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/463/051905846</relation><recordID>171933</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Putra,, Rizky Edyatna |
title |
Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode
Extreme Programming (Studi Pada: SMK 1 Muhammadiyah Malang) |
publishDate |
2019 |
topic |
004.068 Information technology--Management |
url |
http://repository.ub.ac.id/171933/1/Rizky%20Edyatna%20Putra%20-%20Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/171933/ |
contents |
Pada SMK 1 Muhammadiyah Malang terdapat perpustakaan sekolah yang
menyediakan koleksi buku dan berbagai majalah untuk digunakan sebagai media
pembelajaran oleh siswa maupun guru yang ada di sekolah. Saat ini, perpustakaan masih
menggunakan sistem pembukuan untuk melayani aktivitas pelayanan peminjaman buku dan
pengembalian buku. Petugas perpustakaan mencatat semua aktivitas pelayanan yang telah
dilakukan pada buku folio bergaris, sehingga petugas menghabiskan banyak waktu untuk
melakukan aktivitas pelayanan peminjaman buku maupun pengembalian buku, serta belum
adanya pengolahan denda secara otomatis. Petugas perpustakaan juga melakukan
pencatatan ulang untuk pembuatan laporan transaksi peminjaman buku dan pengembalian
buku. Maka penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi perpustakaan
yang dapat mengatasi masalah keefisienan waktu pada saat melakukan peminjaman buku,
pengembalian buku, pengolahan denda serta pembuatan laporan transaksi. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Extreme Programming (XP)
dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan yang akan dibangun dan menggunakan
bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk mempermudah perancangan
sistem yang akan dibangun. Implementasi sistem akan menggunakan bahasa pemrograman
C-Sharp (C#). Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan dengan menggunakan metode
wawancara, menghasilkan 8 (delapan) fitur dan 10 (sepuluh) kebutuhan fungsional. Hasil
pengujian white-box testing dan black-box testing menyatakan valid, yang artinya sistem
dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hasil pengujian User
Acceptance Testing (UAT) menunjukkan bahwa sistem 100% dapat diterima dan layak
digunakan oleh pengguna yaitu petugas perpustakaan. |
id |
IOS4666.171933 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:55:53Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:55:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454114582102016 |
score |
17.538404 |