Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Music Streaming Menggunakan Metode Ux Curve (Studi Pada Spotify Dan Joox)

Main Author: Karyono, Zakia Rahmasanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171923/1/Zakia%20Rahmasanti%20Karyono_full%20text%20skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171923/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai kegiatan dan mengubah gaya hidup, salah satunya adalah mendengarkan musik dengan menggunakan aplikasi music streaming. Aplikasi music streaming memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik secara streaming atau online dan bersifat legal. Sebagai pengguna internet tertinggi di Indonesia, generasi milenial menjadi target pasar aplikasi music streaming. Terdapat dua aplikasi music streaming terpopuler di Indonesia, yaitu Spotify dan JOOX. Tren mendengarkan musik secara online yang semakin meningkat memunculkan hipotesis bahwa aplikasi tersebut memiliki pengalaman pengguna yang baik sehingga menghasilkan respon yang semakin baik. Salah satu aspek yang mempengaruhi berkembangnya aplikasi adalah persepsi pengguna atau biasa disebut pengalaman pengguna. Karena itu, dilakukan penelitian terhadap perbandingan pengalaman pengguna dua aplikasi music streaming di Indonesia, Spotify dan JOOX. Aplikasi music streaming merupakan aplikasi yang digunakan sehari-hari, sehingga dibutuhkan metode penelitian yang dapat menangkap dinamika perubahan pengalaman pengguna. Metode penelitian jangka panjang seperti UX Curve dapat menangkap setiap perubahan pengalaman pengguna dari awal penggunaan aplikasi hingga saat ini dengan mengandalkan ingatan pengguna. Terdapat 20 responden berumur 16-35 tahun yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian terhadap lima aspek dalam UX Curve, yaitu general UX, attractiveness, ease-of-use, utility, dan degree-of-usage. Pada penelitian menggunakan metode UX Curve, responden akan menggambar sebuah kurva yang menggambarkan perubahan pengalaman pengguna yang dialami dari awal penggunaan aplikasi hingga saat ini. Analisis perbandingan pengalaman pengguna Spotify dan JOOX menunjukkan hasil bahwa tampilan Spotify yang sederhana dan rapi serta playlist yang memiliki algoritma untuk mengetahui jenis-jenis lagu yang mungkin akan disukai oleh pengguna membuat pengguna mempunyai preferensi untuk menggunakan Spotify daripada JOOX. Hal ini menghasilkan kesimpulan bahwa Spotify mempunyai pengalaman pengguna yang lebih baik sehingga pengguna mengganggap Spotify adalah aplikasi yang bagus untuk mereka dan mempunyai kecenderungan untuk terus menggunakan aplikasi tersebut.