Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online (Studi Kasus GrabFood)
Main Author: | Azmi, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171913/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi internet dan aplikasi mobile telah membawa kita selangkah lebih maju dalam penerapan teknologi di kehidupan modern. Salah satunya adalah aplikasi untuk mendapatkan barang dan jasa berupa aplikasi pemesanan makanan secara online. Bermacam aplikasi pemesanan makanan online muncul dengan menghadirkan user experience dan user interface yang unik. User experience termasuk salah satu aspek yang penting dalam menentukan tingkat penggunaan aplikasi oleh konsumen. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah aplikasi GrabFood. Berdasarkan hasil survei dari DailySocial.id dan IDNTimes, aplikasi GrabFood masih tertinggal dalam jumlah pengguna sehingga memerlukan peningkatan dan juga evaluasi yang salah satunya adalah evaluasi dari sisi user experience. Oleh karena itu dilakukan evaluasi user experience pada aplikasi GrabFood dengan menggunakan metode design thinking. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menilai dan juga mengetahui kekurangan user experience aplikasi GrabFood. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dengan melakukan pengujian usability terhadap lima orang responden. Aspek usability yang diuji dalam penelitian ini adalah aspek efektivitas, efisiensi, dan juga kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijalankan, terdapat peningkatan aspek efisiensi berkisar dari 33,1 sampai dengan 67,4 persen dan aspek kepuasan pengguna berkisar dari 3,3 sampai dengan 25,9 persen pada hasil evaluasi berupa prototype aplikasi GrabFood.