Pengembangan Sistem Informasi Perhotelan Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Pada Edotel Pamekasan)

Main Author: Ardisukma, Radea Zulindra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171834/1/RADEA%20ZULINDRA%20ARDISUKMA%20SKRIPSI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171834/
Daftar Isi:
  • Edotel Pamekasan merupakan hotel milik SMK Negeri 3 Pamekasan yang beroperasi sebagai hotel sekaligus laboratorium pembelajaran siswa. Lokasinya yang berada di tengah kota dan dekat dengan kantor pemerintah Kabupaten Pamekasan menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Edotel Pamekasan. Hal tersebut juga membuat Edotel Pamekasan menjadi hotel yang sering dipilih oleh tamu kedinasan. Namun sayangnya Edotel Pamekasan mulai kalah saing dengan hotel – hotel baru karena kegiatan operasionalnya masih dilakukan secara manual. Kegiatan operasional yang masih dilakukan secara manual menimbulkan berbagai permasalahan, seperti masalah tumpang tindih reservasi kamar di tanggal yang sama dan masalah kehabisan stok barang di gudang. Untuk mengatasi masalah tersebut, diusulkan solusi perbaikan proses bisnis dengan implementasi sistem informasi perhotelan. Pengembangan sistem informasi perhotelan dilakukan dengan menggunakan metode Rational Unified Process (RUP). Metode RUP dipilih karena kemampuan iteratifnya yang dapat menanggapi perubahan yang terjadi, ketika pemangku kepentingan tidak dapat menjelaskan kebutuhannya secara rinci. Pertama, pada fase inception dilakukan analisis terhadap 5 proses bisnis, yaitu proses bisnis reservasi, registrasi check-in, check-out, pengelolaan stok gudang, dan pelaporan operasional yang kemudian dibuatkan usulan perbaikannya. Setelah itu, pada fase elaboration dengan melalui 2 kali iterasi, didapatkan 7 fitur dengan 32 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan nonfungsional sebagai dasar perancangan. Lalu, pada fase construction dilakukan implementasi kemudian dilanjutkan pengujian. Hasil pengujian black-box menunjukkan implementasi telah sesuai dengan perancangannya, sedangkan pengujian compatibility menghasilkan daftar rekomendasi peramban, salah satunya Google Chrome. Fase terakhir, yakni fase transition dilakukan instalasi sistem lalu dilanjutkan User Acceptance Testing. UAT yang dilakukan pada pegawai hotel menghasilkan rata – rata nilai sebesar 93,4% yang artinya pengguna sangat setuju pada solusi perbaikan proses bisnis dengan implementasi sistem informasi perhotelan. Pada akhir penelitian dihasilkan sebuah sistem informasi perhotelan yang dapat melakukan pengelolaan reservasi, registrasi tamu, pencarian kamar, pencatatan barang masuk, pencatatan barang keluar, dan pelaporan operasional.