Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sistem Monitoring Pelanggan PT. PLN (Persero) Area Malang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation

Main Author: Raziqi, Nizham Media
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171822/1/Final%20Skripsi%20Nizham%20Media%20Raziqi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171822/
Daftar Isi:
  • Aplikasi Simpel Arema (Sistem Monitoring Pelanggan Area Malang) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh PT. PLN (Persero) Area Malang. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor data pelanggan PT. PLN (Persero) di Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil wawancara pada Supervisor Perencanaan Sistem didapatkan permasalahan antarmuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga belum pernah dievaluasi sebelumnya karena masih dalam pengembangan. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi pada aplikasi Simpel Arema khususnya pada aspek usability. Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode Cognitive Walkhthrough dan Heuristic Evaluation, dimana evaluasi dilakukan oleh 3 orang subject matter expert yaitu para pegawai PLN Area Malang dan 3 usability expert. Evaluasi Cognitive Walkthrough menghasilkan pada tahap mana permasalahan usability ditemukan pada Simpel Arema. Sedangkan Heuristic Evaluation menghasilkan permasalahan berdasarkan 10 prinsip heuristic dan tingkat keparahannya. Setelah dilakukan evaluasi, terdapat total 99 permasalahan ditemukan dalam Cognitive Walkthrough di mana 80% permasalahan juga ditemukan pada Heuristic Evaluation. Sedangkan Heuristic Evaluation menemukan 17 permasalahan dengan heuristic dengan permasalahan terbanyak adalah H-8 (Aestetic and minimalist design) dengan 23% dari seluruh permasalahan Heuristic Evaluation. Berdasarkan hasil evaluasi, diberikan 19 rekomendasi perbaikan yaitu 17 perbaikan antarmuka dan 2 perbaikan sistem. Berdasarkan rekomendasi perbaikan antarmuka dibuatlah prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema. Kemudian dilakukan validasi pada prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui apakah perbaikan antarmuka Simpel Arema sudah tepat. Berdasarkan hasil validasi didapatkan hasil skor SUS dengan nilai 83,3 dan mendapat tingkat Acceptability Ranges pada kategori Acceptable, Grade Scale pada kategori B, Adjective pada kategori Excellent, dan Percentile Rank pada 80 - 90%