Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Go-Jek Driver Menggunakan Metode Ux Curve

Main Author: Ziauddin, Muhammad Anas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171767/1/SKRIPSI%20-%20MUHAMMAD%20ANAS%20ZIAUDDIN%20-%20135150401111140%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171767/
Daftar Isi:
  • Go-jek merupakan aplikasi yang dibuat oleh PT. Karya Anak Bangsa. Go-jek menggunakan mitra sebagai alat pembantu pergerakannya. Mitra mempunyai aplikasi dalam melakukan pekerjaannya. Perubahan layanan dalam aplikasi selama kurun waktu 2017-2018 mempengaruhi mitra dalam melakukan pekerjaannya. Dari pengumpulan data dihasilkan 100 kurva kemudian dibagi lagi menjadi 5 sudut pandang yaitu general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage dengan masing-masing 20 kurva. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan hingga membentuk grafik yang dikategorikan menjadi improving, deteriorating, dan stable sesuai dengan arah kurva. Dari aplikasi Go-jek Driver dihasilkan total 46 kurva improving, 32 kurva deteriorating, dan 22 kurva stable. Selain itu, setiap alasan perubahan juga dihitung untuk mengukur apa saja alasan yang responden miliki untuk setiap kurva perubahan yang mereka gambar. Alasan tersebut terdiri dari alasan positif dan negatif yang kemudian dikategorikan ke dalam persepsi pragmatis dan hedonik, aplikasi ini memiliki total 427 alasan dari keseluruhan sudut pandang. Keterkaitannya dengan user satisfaction and recommendation dilihat dengan hasil dari menghubungkan sudut pandang attractiveness dan hasil final questionnaire, kepuasan pengguna disini dapat dilihat dengan bagaimana responden merekomendasikan kedua aplikasi kepada teman mereka.