Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Bogor - Jatinegara
Main Author: | Putra, Lody Sunandar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171752/ |
Daftar Isi:
- Jakarta sebagai ibu kota memiliki fungsi selain dari pusat pemerintahan, terdapat juga fungsi perekonomian dan politik yang berdampak pada pembangunan perkantoran dan penunjangnya. Mayoritas pekerja di Jakarta bukan berasal dari kota itu sendiri, tetapi berasal dari daerah sekitarnya yang merupakan wilayah metropolitan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dengan demikian pergerakan yang terjadi dari dan menuju pusat sangat tinggi. Sebagai salah satu fasilitas transportasi yang tersedia di wilayah Jabodetabek, Kereta Api Commuter Line adalah salah satu moda transportasi yang dipilih oleh pengguna untuk mendukung kegiatannya karena didukung oleh beberapa faktor seperti waktu perjalanan dan biaya perjalanan yang murah. Rute Bogor - Jatinegara dipilih karena rute ini adalah rute terpanjang dalam pelayanan Commuter Line, yang melewati berbagai tempat aktivitas yang berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional dan kinerja peayanan pada ute Bogor-Jatinegara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja operasional dan Important- Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui fakta dan harapan pada layanan Commuter Line, baik dalam perjalanan dan stasiun. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa masih ada banyak aspek aspek yang melebihi batas standar pada kinerja operasional, dan total terdapat 11 indikator layanan yang dianggap tidak memuaskan tetapi memiliki tingkat kepentingan yang tinggi menurut pengguna, baik dalam layanan dalam perjalanan dan Layanan di Staisun. Analisis QFD digunakan untuk mencari alternatif arahan peningkatan kinerja pelayanan perjalanan dan stasiun. Pada peningkatan pelayanan di perjalanan didapatkan Indikator untuk menambah papan informasi tentang fasilitas di kereta adalah indikator dengan prioritas tertinggi dan indikator perawatan fasilitas di stasiun adalah alternatif tertinggi yang disarankan untuk memperbaiki kinerja pelayanan Stasiun di Rute Bogor – Jatinegara