Pengembangan Aplikasi Manajemen Pengajuan Kegiatan Dosen Studi Kasus Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Hirdad, Rikza Priyudha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171740/1/Rikza%20Priyudha%20H..pdf
http://repository.ub.ac.id/171740/
Daftar Isi:
  • Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) memiliki kegiatan selain memberikan kuliah di kampus, seperti dosen yang melakukan kegiatan mereka untuk fakultas dan kebutuhan pribadi. Sebagai contoh, Dosen yang melakukan konferensi, penelitian, seminar atau kegiatan lain yang dapat meninggalkan suatu pekerjaannya dalam beberapa waktu atau hari di Kampus. Ini menimbulkan beberapa masalah, yang pertama adalah ada antrian dan akumulasi pekerjaan daripada mereka yang memiliki wewenang untuk mengizinkan kegiatan. Masalah kedua adalah pengajuan draft surat tugas hanya dapat diajukan setelah pengajuan kegiatan telah disetujui oleh pihak yang berwenang untuk menyetujuinya. Permasalahan ketiga adalah Pengaju Kegiatan kadang lupa untuk melaporkan hasil kegiatan dan pembukuan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ). Permasalahan yang sudah disebutkan, dapat mempengaruhi kegiatan akreditasi fakultas maupun jurusan jika terdapat file yang tidak lengkap saat dibutuhkan. Dekan dan jajarannya ingin mengetahui kegiatan dan acara daripada Dosen. Untuk mengatasi masalah terserbut dikembangkanlah sistem yang bertujuan untuk mengelola dan membuatnya lebih mudah untuk mengirimkan kegiatan sampai pelaporan. Dengan mengacu Struktur Operasional Prosedur (SOP) yang dapat membantu pembangunan sistem yang akan dikembangkan. Sistem ini melibatkan 7 aktor, elisitasi kebutuhan menghasilkan 37 kebutuhan fungsional, perancangan, impelementasi dan pengujian diambil 3 sampel dari 37 fungsi utama. Pengujian dalam sistem ini terdapat pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi dan pengujian kompatibilitas dari sistem. Manfaat yang dapat diterima dari pihak Pengaju Kegiatan adalah kemudahan untuk mengajukan kegiatan dan draft surat tugas karena tidak bekerja dua kali. Dan pihak Dekan dan jajarannya lebih mudah mengetahui aktivitas Dosen di FIA UB.