Klasifikasi Penempatan Siswa Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Extreme Learning Machin

Main Author: Wicaksana, Akmal Subakti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171706/1/Akmal%20Subakti%20Wicaksana%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171706/
Daftar Isi:
  • Penempatan jurusan siswa merupakan salah satu faktor eksternal yang memiliki kontribusi besar terhadap kemampuan dan motivasi belajar siswa. Penempatan jurusan sendiri memiliki beberapa faktor yang digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat siswa. Faktor yang digunakan dalam penentuan jurusan antara lain hasil tes psikotes siswa, nilai rata-rata rapor SMP, rekomendasi BK, minat siswa, dan minat orang tua. Sehingga hal itu tidak efisien. Dalam proses validasi hasil penempatan jurusan dibutuhkan waktu selama 1 semester dengan melihat data hasil belajar siswa. Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam klasifikasi penentuan jurusan siswa secara cepat dan akurat sehingga dapat membantu mengurangi waktu penentuan jurusan dan kesalahan dalam penentuan jurusan yang tidak sesuai minat dan kemampuan siswa. Pada penelitian ini mengimplementasikan metode Extreme Learning Machine untuk klasifikasi penentuan jurusan siswa SMA. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata akurasi terbaik 98% dengan menggunakan 12 fitur, jumlah hidden neuron sebesar 14, jumlah presentase data latih sebesar 80% dan data uji 20%, serta rentang nilai bobot masukkan adalah [-1,1], nilai bias dengan rentang [0,1], dan menggunakan fungsi aktivasi sigmoid.