Pembangunan Aplikasi Dashboard Untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website (Studi Kasus: Digital Marketing Malang)

Main Author: Fadly, Ubaidillah Hakim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171703/1/Skripsi%20-%20Ubaidillah%20Hakim%20Fadly%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/171703/
Daftar Isi:
  • Digital Marketing Malang merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang marketing online atau internet marketing yang menyediakan jasa berupa pemasangan iklan beserta optimisasinya di social media maupun search engine. Dalam pelaksanaan usahanya terdapat sebuah permasalahan utama yang dialami dan dirasakan oleh pihak Digital Marketing Malang. Permasalahannya adalah ketika menjalankan pemasangan iklan pada Social Media Advertising (SMA) seperti Facebook dengan menggunakan teknik splitting, DMM akan merasa kesulitan dan kerepotan ketika menghentikan banyak iklan dalam satu waktu, sedangkan ketika banyak iklan yang berjalan akan membuat biaya anggaran iklan juga semakin banyak atau dalam istilah Digital Marketing Malang disebut boncos. Perlu diketahui untuk dapat menghasilkan racikan iklan yang pas dan menguntungkan diperlukan banyak iklan untuk mengiklankan 1 produk yang sama atau dalam istilah digital marketing disebut dengan splitting. Sehingga ketika menjalankan banyak iklan dan kemudian mendapatkan wawasan dari keseluruhan iklan tersebut, maka akan dilakukan analisis untuk mengetahui iklan dengan racikan yang pas atau efektif dan iklan yang kurang efektif. Untuk iklan yang pas akan dilakukan pemfokusan iklan agar lebih efektif sedangkan iklan yang kurang efektif akan dihentikan agar tidak menghabiskan anggaran iklan dengan sia-sia. Untuk itulah dilakukan pembangunan aplikasi dashboard untuk Analisa efektivitas marketing online yang bisa melakukan pengecekan otomatis setiap 1 jam sekali terhadap iklan yang berjalan dalam satu set iklan dan akan mengambil iklan teratas yang diinginkan dan menghentikan iklan yang kurang efektif. Proses pembangunan aplikasi perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan waterfall. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, pengambilan kesimpulan dan saran. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan basis website dengan bahasa pemrograman PHP. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian unit yang menghasilkan nilai 100% valid dari 3 kasus uji, pengujian integrasi yang menghasilkan nilai 100% valid dari 1 kasus uji, dan pengujian validasi yang menghasilkan 100% valid dari 52 kasus uji.