Dimensi Netiket Penggunaan WhatsApp Group Sebagai Sarana Komunikasi Antara Wali Kelas Dengan Wali Murid (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelas IV SDIT Yabis Kota Bontang)

Main Author: Perdana, Yulian Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171672/1/Yulian%20Rizki%20Perdana.pdf
http://repository.ub.ac.id/171672/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa banyak dampak bagi segala bidang kehidupan manusia, salah satunya pendidikan. Dalam dunia pendidikan, WhatsApp Messenger dengan salah satu fiturnya yakni WhatsApp Group digunakan untuk saling berkomunikasi antara wali kelas dan wali murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan WhatsApp Group sebagai sarana komunikasi antara wali kelas dengan wali murid serta mendeskripsikan netiket yang seharusnya dilakukan oleh wali kelas maupun wali murid saat berkomunikasi melalui WhatsApp Group. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi tersrtuktur, observasi online, dan dokumentasi kepada Wali Kelas dan Wali Murid Kelas IV A-E SDIT Yabis Bontang dan WhatsApp Group Kelas IV A-E SDIT Yabis Bontang. Hasil penelitian ini menemukan hasil bahwa penggunaan WhatsApp Group memiliki tujuan untuk mempermudah koordinasi, mempermudah pemberian informasi, mempermudah dan mempercepat komunikasi, serta mempermudah pengawasan terhadap anak atau siswa. Dalam penggunaan WhatsApp Group juga perlu memerhatikan etiket dalam pengiriman pesan ke dalam grup. Dalam penelitian ini didapatkan hasil netiket dengan nilai islami penggunaan WhatsApp Group, antara lain berkata sopan santun, halus, berbahasa ringkas dan formal, mudah dipahami, dan memerhatikan nilai dakwah yang terdapat dalam konten yang akan dikirimkan. Penelitian ini juga menjelaskan beberapa kelebihan maupun kekurangan yang terdapat dengan adanya penggunaan WhatsApp Group Wali Kelas-Wali Murid.