Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb

Main Author: Suseta, Prisma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171615/
ctrlnum 171615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171615/</relation><title>Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi&#xD; E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter&#xD; Ux Honeycomb</title><creator>Suseta, Prisma</creator><subject>004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation</subject><description>Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang&#xD; memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan&#xD; terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak&#xD; 50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya&#xD; memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan&#xD; masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi&#xD; perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur&#xD; pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah&#xD; aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu&#xD; 60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau&#xD; masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data&#xD; yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan&#xD; offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif&#xD; (triangulasi).&#xD; Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana&#xD; untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil&#xD; analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible&#xD; adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek&#xD; valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari&#xD; aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata&#xD; skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile&#xD; Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan&#xD; pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah&#xD; indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki&#xD; pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator&#xD; yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan&#xD; UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan&#xD; kode UA2, UA4, dan UA6.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Suseta, Prisma (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/439/051905822</relation><recordID>171615</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Suseta, Prisma
title Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb
publishDate 2019
topic 004.2 System analysis and design
computer architecture
performance evaluation
url http://repository.ub.ac.id/171615/
contents Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak 50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif (triangulasi). Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan kode UA2, UA4, dan UA6.
id IOS4666.171615
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:37Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:37Z
recordtype dc
_version_ 1751454117648138240
score 17.538404