Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb
Main Author: | Suseta, Prisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171615/ |
ctrlnum |
171615 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171615/</relation><title>Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi
E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter
Ux Honeycomb</title><creator>Suseta, Prisma</creator><subject>004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation</subject><description>Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang
memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan
terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak
50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya
memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan
masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi
perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur
pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah
aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu
60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau
masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan
offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif
(triangulasi).
Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana
untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil
analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible
adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek
valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari
aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata
skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile
Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan
pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah
indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki
pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator
yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan
UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan
kode UA2, UA4, dan UA6.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Suseta, Prisma (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/439/051905822</relation><recordID>171615</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Suseta, Prisma |
title |
Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi
E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter
Ux Honeycomb |
publishDate |
2019 |
topic |
004.2 System analysis and design computer architecture performance evaluation |
url |
http://repository.ub.ac.id/171615/ |
contents |
Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang
memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan
terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak
50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya
memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan
masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi
perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur
pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah
aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu
60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau
masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan
offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif
(triangulasi).
Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana
untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil
analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible
adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek
valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari
aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata
skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile
Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan
pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah
indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki
pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator
yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan
UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan
kode UA2, UA4, dan UA6. |
id |
IOS4666.171615 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:55:37Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:55:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454117648138240 |
score |
17.538404 |