Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus: Pt. Xyz)
Main Author: | Bawardi, Fifi Syammariah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171591/1/ANALISIS%20KEPUASAN%20PENGGUNA%20APLIKASI%20DRIVER%20OJEK%20ONLINE%20MENGGUNAKAN%20METODE%20END%20USER%20COMPUTING%20SATISFACTION%20%28EUCS%29%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/171591/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan transportasi umum berbasis aplikasi atau online memiliki dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Salah satu layanan transportasi online yang sedang berkembang adalah PT. XYZ. PT. XYZ sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 2011, tetapi layanan transportasi online ini melesat sejak peluncuran aplikasinya diponsel Android dan iOS pada awal tahun 2015. Masalah-masalah yang menjadi kendala Driver PT. XYZ juga sering terjadi pada aplikasi PT. XYZ. Dengan demikian untuk mengetahui kondisi dari kepuasan pengguna atas aplikasi, butuh adanya pengukuran tingkat kepuasan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari pengaruh kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi driver ojek online pada PT. XYZ dengan menggunakan metode EUCS. Metode ini mengukur kepuasan dengan membandingkan antara penilaian user dengan sistem yang telah ada. Metode ini digunakan karena sesuai dengan permasalahan yang ada pada pengguna Aplikasi Driver PT. XYZ untuk membuat tolak ukur pada dimensi yang ada dalam metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Dimensi yang yang digunakan ialah isi (content), ketepatan (accuracy), bentuk (format), mudah digunakan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness). Proses menelaah menggunakan EUCS menghasilkan tingkat daya pengaruh setiap komponen EUCS terhadap kepuasan pengguna. Hasil yang diperoleh ada dua variabel komponen EUCS yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi driver ojek online yaitu komponen Accuracy dan Timeliness.