Pengaruh Variasi Ignition Timing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pertamax Pada Kendaraan Urban Concept
Main Author: | Yogisworo, Benedictus Ardian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171559/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi ignition timing terhadap fuel economy bahan bakar pertamax dan E20 pada pengujian dinamis. Pertamax merupakan jenis bahan bakar bensin yang umum digunakan di Indonesia dan bahan bakar E20 merupakan bahan bakar alternatif dimana pertamax dicampur dengan etanol sebanyak 20% volume. Masing-masing bahan bakar memiliki pengaturan ignition timing-nya masing-masing karena ignition delay yang berbeda. Pengaturan ignition timing yang tepat dapat membuat fuel economy yang lebih hemat karena dapat menghindari knocking maupun backfire pada mesin yang dapat mengurangi efisiensi pada saat kendaraan berjalan. Untuk itu ignition timing yang tepat harus dicari terlebih dahulu. Dalam penelitian ini metode yang diterapkan adalah experimental research. Pada penelitian ini variasi ignition timing yang digunakan adalah ignition timing 0 (5o), +1o, +2o, -1o dan -2o dengan menggunakan bahan bakar pertamax dan E20. Hasil dari penelitian ini adalah pada rentang 2000-3000 RPM fuel economy paling hemat pada ignition timing -1o, tetapi pada putaran mesin 3500 RPM, ignition timing +1o memiliki hasil konsumsi yang paling hemat. Selain itu dengan ignition timing yang semakin mendekati TMA maka emisi akan lebih baik