Strategi Kosmonita Malang Untuk Mengoptimalisasi Content Program Perempuan Dalam Mempertahankan Positioning Sebagai Radio Bersegmentasi Perempuan
Main Author: | Sylvatri, Hapsari Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi konten program perempuan dalam bentuk insert di radio Kosmonita malang. Penelitian ini merupakan penelitian action research, yaitu penelitian yang berfokus kepada tindakan yang melibatkan peneliti dan anggota masyarakat, organisasi yang ingin diteliti. Tujuan penelitian action research untuk menghasilkan perubahan dengan tindakan tertentu untuk mewujukan perubahan sosial. Objek penelitian ini adalah Radio Kosmonita Malang, dan berfokus pada teori stategi pemasaran radio dengan menggunakan teori STP (segmentation, targeting, positioning) dan juga menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Thread) sebagai teori pendukung agar bisa menemukan strategi yang tepat untuk mengoptimalisasi program konten perempuan dalam radio Kosmonita Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion, wawancara, membuat insert radio, dan melakukan survei terhadap pendengar radio Kosmonita Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum ada insert, program inspiring woman kurang optimal, namun setelah adanya insert tersebut terjadi optimalisasi konten program perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini penambahan content insert inspiring women yang berisi tentang kisah sukses tokoh perempuan dalam berbagai bidang semakin mengoptimalkan program ini. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan untuk menjadikan insert tersebut sebagai program talkshow yang disiarkan secara regular di radio kosmonita malang dan yang kedua adalah risert atau survey secara regular sehingga dapat memberikan inovasi baru untuk program-program siar di radio kosmonita.