Strategi Kilisuci Televisi (KSTV) dalam Menegakkan Eksistensi Sebagai Televisi Lokal di Kota Kediri
Main Author: | Maulana, Dimas Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171548/ |
Daftar Isi:
- KSTV adalah salah satu stasiun televisi lokal Kediri di bawah naungan PT. Kediri Global Mediatama. Berdirinya KSTV telah melalui proses pemikiran dan pertimbangan yang matang, yang menjadikannya memiliki dasar yang kuat dalam melangkah. KSTV yang merupakan TV swasta lokal di Kediri dan mempunyai motto Informatif, Aktual dan Terkini, memulai jam siarannya pada pukul 06.00 sampai 23.05 WIB. KSTV memilih segmen sebagai TV informasi berkonten lokal. Artinya, KSTV lebih mengedepankan informasi sebagai nilai jualnya. Informasi tersebut dikemas dalam bermacam-macam format. Teori ekologi media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler mengenai eksistensi media, yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensi atau kelangsungan hidupnya sebuah media memerlukan sumber penunjang hidup yakni, content, audience, capital. Sehingga, untuk mengetahui bagaimana strategi KSTV dalam mempertahankan eksistensi dan rating sebagai TV lokal kota dan kabupaten Kediri, adalah dengan menganalisis bagaimana strategi KSTV dalam memperoleh sumber penunjang kehidupannya sebagai media elektronik sebagaimana yang dijelaskan oleh Dimmick dan Rothenbuhler. Dengan demikian metodelogi yang digunakakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara. KSTV memperkuat strateginya dalam meraih content,audiencedan capital. Strategi yang dilakukan oleh KSTV diantara lain adalah: 1) Melakukan strategi program TV (melakukan perencanaan program, melalukan survei minat dan kebutuhan audien, Menayangkan program konten lokal lebih banyak dan lebih lama, serta berkolaborasi dengan media lokal lain dalam produksi dan menayangkan program, penempatan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, serta melakukan pengawasan evaluasi program), 2) Melakukan segmentasi, targetting, dan positioning dalam merebut pasar audien, 3) Pemanfaatan teknologi internet (media baru), 4) Menggiring Persepsi Audience melaui Image dan Tagline, 5)Strategi Pemasaran pada Proses Pemasaran Program KSTV.