Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek: Studi Pada Instagram Tomoo Steak
Main Author: | Muslim, Rony Adita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171525/ |
Daftar Isi:
- Saat ini perusahaan bidang kuliner sangat banyak dengan persaingan yang sangat ketat. Fokus dan target pemasaran saat ini telah berubah, yang pada awalnya bagaimana perusahaan mendapatkan konsumen baru, telah berubah menjadi bagaimana perusahaan menjaga agar konsumen tetap setia. Salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Tomoo Steak merupakan perusahaan dibidang kuliner yang aktif melakukan pemasaran melalui media sosial untuk memperoleh loyalitas merek. Loyalitas merek dipengaruhi secara positif ketika perusahaan melakukan advantageous campaigns, relevant content, popular contents, various platforms and applications, frequently update content pada media social (Erdogmus & Cicek, 2012). Penelitian ini melakukan pengujian terkait hubungan antara pemasaran media sosial dengan loyalitas merek menggunakan analisis regresi linier berganda. Responden dari penelitian ini adalah followers akun Instagram Tomoo Steak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari uji t menunjukkan advantageous campaigns, relevant content, popular content, dan frequently update content memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Dan hasil uji f menunjukkan variabel independent berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap loyalitas merek. Variabel independent yang digunakan pada penelitian ini berkontribusi sebesar 52,2% terhadap loyalitas merek Tomoo Steak. Variabel relevant content menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Hal ini karena akun Instagram Tomoo Steak menyajikan konten yang dapat menarik minat konsumen untuk berinteraksi dengan perusahaan.