Tindakan Sosial celebrity endorser hijabers (selebgram) (Studi Deskriptif Pada Selebgram Hijabers)

Main Author: Puspitasari, Shella
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171516/1/Shella%20Puspitasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/171516/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Tindakan sosial celebrity endorser hijabers. Penelitian ini juga menjelaskan media sosial Instagram saat ini telah menjadi media alternative dalam bidang promosi. Secara personal, individu dapat melakukan bisnis melalui Instagram.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis alasan rasional seseorang menjadi celebrity endorser hijabers (Selebritis Instagram) dalam jejaring media sosial Instagram. Penelitian dilatarbelakangi oleh, Selebgram hijabers saat ini sedang tren di kalangan pengguna Instagram di Indonesia. Menjadi seorang selebgram hijabers harus memiliki keunikan tersendiri untuk dapat berada dengan selebgram hijabers competitor lainnya. Lain sisi, mereka terlahir karena adanya Instagram, kemudian tumbuh menjadi sosok yang memiliki banyak followers dan menjadi trend setter akibat adanya system endorsement yang mereka lakukan. Penelitian menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Weber menjelaskan bahwa dalam menyampaikan tindakan rasionalnya berdasarkan kepada pilihan-pilihan yang menguntungkan, oleh karena hal tersebut individu memiliki bermacam-macam tujuan yang mungkin diinginkan dan atas dasar suatu kriterium menentukan satu pilihan diantara tujuan-tujuan yang bersaing tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik ppengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser hijabers lebih condong ke kategori Rasional Instrumental hal tersebut terjadi karena rasional instrumental berfokus pada cara dan tujuan yang akan dicapai. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk ekonomi semata melainkan juga mayoritas mereka adalah ibu rumah tangga mereka adanya tindakan sosial yang didasarkan pada nilai, karena mereka juga harus mementingkan keluarganya terlebih dahulu, serta menjadikannya endorser sebagai media jasa yang berupa promosi yang memanfaatkan teknologi internet berupa media sosial sebagai sesuatu hal yang menghasilkan bagi dirinya.