Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Main Author: Dzazuly, Rahmad Zapriant Agiel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171490/
ctrlnum 171490
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171490/</relation><title>Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik</title><creator>Dzazuly, Rahmad Zapriant Agiel</creator><subject>006.7 Multimedia systems</subject><description>Perpustakaan kota Malang memiliki website resmi untuk membantu masyarakat dalam menggunakan layanan dari jarak jauh. Fitur yang ditawarkan website perpustakaan cukup beragam, mulai dari melihat koleksi buku sampai perpanjangan waktu peminjaman yang dilakukan secara online. Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu anggota perpustakaan dan observasi, terdapat keluhan atau masalah usability pada website perpustakaan kota Malang yaitu, tidak adanya pesan kesalahan ketika pengguna salah memasukkan password atau username dan penggunaan bahasa yang tidak konsisten. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukkannya evaluasi dan perbaikan usability terhadap antarmuka pengguna website perpustakaan kota Malang menggunakan metode heuristik. Metode evaluasi heuristik ini adalah metode untuk menemukan masalah usability pada suatu antarmuka pengguna berdasarkan 10 prinsip heuristik milik Nielsen. Evaluasi heuristik ini melibatkan 4 orang expert sebagai evaluator. Dari hasil evaluasi didapatkan temuan masalah sebanyak 45 masalah yang terbagi ke dalam 8 dari 10 prinsip heuristik. Prinsip heuristik dengan persentase temuan masalah terbanyak adalah prinsip heuristik (H-8) Aesthetic and minimalist design dengan 31,67 % dari seluruh temuan masalah. Sedangkan prinsip heuristik yang memiliki tingkat severity rating yang tertinggi adalah prinsip heuristik (H-5) Error prevention dengan severity rating sebesar 3,06 dari 4 masalah yang ditemukan. Dari temuan masalah tersebut diberikan rekomendasi perbaikan terdiri dari 2 jenis perbaikan yaitu, rekomendasi perbaikan fungsionalitas dan rekomendasi perbaikan desain antarmuka pengguna. Rekomendasi perbaikan yang telah dibuat kemudian dievaluasi kembali oleh evaluator. Hasil yang didapatkan dari evaluasi terhadap rekomendasi perbaikan adalah sebanyak 95,45 % masalah yang berhasil diselesaikan dari total 44 masalah. Harapannya dari rekomendasi perbaikan yang telah dibuat dapat membantu dan menjadi pertimbangan pihak pengembang website perpustakaan kota Malang untuk memperbaiki website perpustakaan kota Malang.</description><date>2019-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Dzazuly, Rahmad Zapriant Agiel (2019) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/345/051905663</relation><recordID>171490</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Dzazuly, Rahmad Zapriant Agiel
title Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Perpustakaan Kota Malang Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik
publishDate 2019
topic 006.7 Multimedia systems
url http://repository.ub.ac.id/171490/
contents Perpustakaan kota Malang memiliki website resmi untuk membantu masyarakat dalam menggunakan layanan dari jarak jauh. Fitur yang ditawarkan website perpustakaan cukup beragam, mulai dari melihat koleksi buku sampai perpanjangan waktu peminjaman yang dilakukan secara online. Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu anggota perpustakaan dan observasi, terdapat keluhan atau masalah usability pada website perpustakaan kota Malang yaitu, tidak adanya pesan kesalahan ketika pengguna salah memasukkan password atau username dan penggunaan bahasa yang tidak konsisten. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukkannya evaluasi dan perbaikan usability terhadap antarmuka pengguna website perpustakaan kota Malang menggunakan metode heuristik. Metode evaluasi heuristik ini adalah metode untuk menemukan masalah usability pada suatu antarmuka pengguna berdasarkan 10 prinsip heuristik milik Nielsen. Evaluasi heuristik ini melibatkan 4 orang expert sebagai evaluator. Dari hasil evaluasi didapatkan temuan masalah sebanyak 45 masalah yang terbagi ke dalam 8 dari 10 prinsip heuristik. Prinsip heuristik dengan persentase temuan masalah terbanyak adalah prinsip heuristik (H-8) Aesthetic and minimalist design dengan 31,67 % dari seluruh temuan masalah. Sedangkan prinsip heuristik yang memiliki tingkat severity rating yang tertinggi adalah prinsip heuristik (H-5) Error prevention dengan severity rating sebesar 3,06 dari 4 masalah yang ditemukan. Dari temuan masalah tersebut diberikan rekomendasi perbaikan terdiri dari 2 jenis perbaikan yaitu, rekomendasi perbaikan fungsionalitas dan rekomendasi perbaikan desain antarmuka pengguna. Rekomendasi perbaikan yang telah dibuat kemudian dievaluasi kembali oleh evaluator. Hasil yang didapatkan dari evaluasi terhadap rekomendasi perbaikan adalah sebanyak 95,45 % masalah yang berhasil diselesaikan dari total 44 masalah. Harapannya dari rekomendasi perbaikan yang telah dibuat dapat membantu dan menjadi pertimbangan pihak pengembang website perpustakaan kota Malang untuk memperbaiki website perpustakaan kota Malang.
id IOS4666.171490
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:27Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:27Z
recordtype dc
_version_ 1751454118390530048
score 17.538404