Analisis Usability Dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Study Pada Airy Rooms)
Main Author: | Putri, Ike Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171452/ |
Daftar Isi:
- PT Airy Nest Indonesia (AiryRooms) adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan budget hotel berbasis online di Indonesia. Dalam hal peringkat aplikasi mobile AiryRooms menempati peringkat ke-6 di AppStore dan ke-5 di PlayStore, sedangkan aplikasi budget hotel lain mendapat peringkat di bawahnya. Meski telah mencapai jumlah pengguna dan mendapat antusiasme yang cukup banyak, namun dari wawancara dan observasi feedback yang telah dilakukan peneliti terdapat masalah yang terjadi pada saat penggunaan dan adanya persepsi negatif pengguna aplikasi AiryRooms. Seperti adanya perbedaan harga yang tertera diawal dengan proses selanjutnya, kekecewaan pengguna tidak adanya menu untuk reschedule jadwal, adanya pengguna kesulitan dengan metode pembayaran, adanya pengguna merasa tampilan aplikasi monoton, terdapat pengguna tidak dapat mencari lokasi yang diinginkan, adanya pengguna yang mengalami kesulitan memilih tanggal dan memfilter harga. Oleh karena itu, diperlukan adanya identifikasi masalah lebih lanjut untuk mengetahui apa saja yang mungkin terdapat pada aplikasi, serta melakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kemudahan, kecepatan dan tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada evaluasi usability dan user experience pada aplikasi pemesanan online hotel budget Airy Rooms. Pengujian scenario dan wawancara secara langsung kepada pengguna digunakan untuk mengukur tingkat kegunaan (Usability). Selain itu agar mengetahui tingkat kepuasan pengguna dihitung dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Tingkat pengalaman pengguna di ukur dengan mengumpulkan berbagai persepsi menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) dengan 6 skala yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty kepada 30 responden. Responden dari penelitian ini berdasarkan kriteria umur dengan rentang usia 18-44 tahun, pada pengujian skenerio dipilih responden yang belum pernah menggunakan aplikasi sedangkan pada pengujian user experience dipilih responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi Airy Rooms. Pengumpulan data mulai dilaksanakan pada 9 April 2019 di Malang, dengan melakukan pengujian scenario ke responden dan penyebaran kuesioner secara langsung. Hasil dari pengujian usability menunjukan aspek efficiency sebesar 82% yang berarti aplikasi Airy Rooms masuk dalam kategori baik, aspek effectiveness sebesar nilai 89% yang berarti memiliki tingkat penyelesaian yang berada diatas rata-rata dari standar nilai 78% dan satisfaction diukur menggunakan perhitungan vii kuesioner SUS menunjukan hasil mencapai nilai 78. Hasil dari pengukuran kebergunaan mengisyaratkan bahwa responden merasakan cukup puas dengan kegunaan layanan system pemesanan hotel budget Airy. Hal ini didukung dengan perngukuran terhadap pengalaman pengguna. Aspek kualitas pragmatis memiliki kecenderungan pada skala pengukuran evaluasi yang positif yaitu sebesar 1,65. Artinya pengguna merasakan pengalaman kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan, kecepatan dalam menyelesaikan aktivitas serta kepraktisan yang didukung terorganisasinya sistem dengan baik. Selain itu hasil dari pengukuran benchmark UEQ pengalaman pengguna dengan membandingkan pada 246 produk dapat dikategorikan baik. Meskipun secara keseluruhan baik, namun skala novelty mendapat nilai dibawah rata-rata yaitu 0,667. Kebaruan atau novelty sebuah system tidak dirasakan oleh pengguna. tampilan aplikasi monoton serta layanan transaksi yang tersedia dianggap kurang meskipun aplikasi menyenangkan dan mudah digunakan.