Evaluasi User Experience Game Ragnarok M: Eternal Love dengan Metode Cognitive Walkthrough
Main Author: | Kusamiaji, Achmad Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171432/ |
Daftar Isi:
- Ragnarok M : eternal love adalah game online yang bergenre RPG yang diliris pada tanggal 30 oktober 2018 merupakan versi mobile game ragnarok online komputer. Ragnarok online merupakan game yang sangat populer di Indonesia, hingga sekarang jumlah pemain yang memainkan game ini mencapai 62 juta orang. Dengan potensi yang besar membuat game ini berpotensi untuk menarik pemain lama dan pemain baru untuk bermain game ini walaupun platfrom yang berbeda . Sehingga pengalaman pengguna(User Experience) sangat penting untuk keberhasilan game ini dipasaran, terutama bila aplikasi tersebut baru saja diliris. Aplikasi yang dibuat secara tidak baik dan sulit digunakan akan membuat pengguna sulit menggunakan dan mempelajarinya, sehingga akan membuat aplikasi tersebut jarang digunakan dan tidak laku dipasaran. Untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang baik maka harus dilakukan evaluasi. Metode Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan pertanyaan kepada pengguna untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran dan pemahaman aplikasi. Metode baik digunakan pada aplikasi yang baru saja dirilis karena dapat menemukan proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan aplikasi. Evaluasi bertujuan untuk mendapatkan kekurangan dari game. Hasil dari evaluasi game Ragnarok M : eternal love menunjukkan bahwa masalah yang terjadi adalah kekurang pahaman pengguna terhadap game dalam tugas bermain game, masalah tampilan yang sulit dipahami pada tugas melakukan login dan masalah tombol yang tersembunyi pada tugas bermain game. Walaupun terjadi masalah, masalah yang terjadi merupakan masalah yang ringan yang tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game.