Pengaruh Electronic Wodrd of Mouth pada Online Customer Review terhadap Minat Pembelian berdasarkan Elaboration Likehood Model (Studi pada akun Instagram @herbalifeindonesiaofficial)
Main Author: | Shafynoudy, Fanny Rohmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171372/1/Fanny%20Rohmah%20Shafynoudy.pdf http://repository.ub.ac.id/171372/ |
Daftar Isi:
- Electronic Word Of Mouth (EWOM) merupakan bentuk baru dari WOM karena penyebaran informasi produk atau jasa melalui interrnet. Pada penelitian ini berfokus pada online reviews yang mengulas mengenai produk kesehatan yaitu Herbalife. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari EWOM dalam hal ini online reviews yang terdapat pada Instagram @Herbalifeindonesiaofficial terhadap minat pembelian berdasarkan Elaboration Likehood Model. Kajian teori Elaboration Likelihood Model yang akan digunakan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini kedua rute Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menganalis Electronic Word Of Mouth. Variabel terdiri dari dimensi Electronic Word Of Mouth dibagi kedalam rute sentral dan rute perferal. Variabel independen pada rute sentral terdiri dari information relevance (X1), information understandbility (X2), information accuracy (X3) dan value added information (X4). Sedangkan variabel pada rute periferal information quantity (X5). Variabel dependen adalah minat pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online dan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukan bahwa dimensi Electronic Word Of Mouth yang paling dominan dan berpengaruh pada Online Customer Reviews terhadap minat pembelian adalah information accuracy (X3), information relevance (X1), information quantity (X5), information understandbility (X2), dan sedangkan value added information (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun berdasarkan uji hipotesis secara simultan bahwa seluruh dimensi Electronic Word Of Mouth pada variabel indepeden memiliki pengaruh pada Online Customer Review terhadap minat pembelian.