Pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser Terhadap Minat Pembelian Produk Smartphone Oppo F9

Main Author: Sholeh, Ceppi Habibi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171346/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara kredibilitas selebriti endorser terhadap minat pembelian produk smartphone OPPO F9 dengan menggunakan analisis Elaboration Likelihood Model. Pada penelitian ini kedua rute Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menganalisis kredibilitas selebriti endorser. Variabel terdiri dari kredibilitas selebriti endorser dibagi ke dalam rute periferal dan rute sentral. Variabel independen pada rute periferal terdiri dari Visibility (X1), Credibility (X2), Attractiveness (X3), dan Product Match-up (X4). Sedangkan variabel pada rute sentral Power (X5). Variabel dependen adalah minat pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada 272 responden yang pernah melihat cuplikan iklan smartphone OPPO F9 versi Chelsea Islan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kredibilitas selebriti endorser terhadap minat pembelian. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel Visibility (X1). Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumen yang pernah melihat cuplikan iklan smartphone OPPO F9 versi Chelsea Islan menggunakan elaborasi yang rendah dalam minat pembelian.