Peran Emosi Moral Kebanggaan Dan Kekuatan Karakter Kebaikan Dalam Intensi Konsumsi Etis

Main Author: Ratnasari, Kiki Meilania
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171313/
Daftar Isi:
  • Intensi konsumsi etis dapat dipengaruhi oleh emosi moral dan kekuatan karakter pada saat memilih atau membuat keputusan untuk mengkonsumsi. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peran emosi moral kebanggaan dan kekuatan karakter kebaikan secara bersama-sama mempengaruhi intensi konsumsi etis. Desain penelitian ini menggunakan randomized controlled experiment jenis betweensubject dengan setting penelitian berada dalam laboratorium. Jumlah partisipan berjumlah 93 orang dengan kriteria berasal dari mahasiswa aktif strata 1 Universitas Brawijaya Malang, laki-laki dan perempuan. Penelitian ini membagi partisipan menjadi 3 kelompok yaitu hubristic, authentic dan kontrol, dengan 2 perlakuan atau kondisi yaitu kebanggaan hubristic dan authentic. Untuk realibilitas masing-masing skala menghasilkan α untuk skala VIA-IS kekuatan karakter kebaikan sebesar 0,95, untuk skala cek manipulasi kebanggaan pada masing-masing kondisi secara berturut-urut besar authentic dan hubristic cornbach alpha 0,834 dan 0,827, sedangkan untuk skala intensi konsumsi etis cornbach alpha 0,856. Analisis penelitian ini menggunakan uji hipotesis ANCOVA yang menghasilkan jika kekuatan karakter kebaikan dan emosi moral kebanggaan tidak dapat mempengaruhi konsumsi etis secara bersama-sama.