Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD)

Main Author: Genias, Cerin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171243/
Daftar Isi:
  • Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang (Dinkop Malang) merupakan instansi pemerintahan yang bergerak di bidang koperasi dan usaha mikro yang memiliki situs web untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, namun situs web yang ada perlu dilakukan perbaikan terhadap permasalahan yang ada pada situs web terkait tampilan antarmuka. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya sidebar yang terlalu panjang, penataan konten yang tidak sesuai dengan informasi, penggunaan istilah yang kurang sesuai, dan penulisan yang terlalu kecil. Perbaikan dilakukan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan pengembangan sistem secara iteratif dengan mempertimbangkan manusia sebagai pusat dari kegiatannya sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. HCD memiliki empat tahap yaitu analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian yaitu perbaikan rancangan antarmuka pengguna dan perbandingan capaian usability antara hasil evaluasi awal dengan evaluasi akhir. Pada hasil perbandingan pada aspek efektivitas didapatkan capaian 48% pada evaluasi awal menjadi 100% pada evaluasi akhir. Pada aspek efisiensi didapatan rata-rata waktu pengerjaan 130,6 detik pada evaluasi awal menjadi 36,91 detik pada evaluasi akhir. Apek kepuasan pengguna yang dinilai dengan menggunakan kuesioner WEBUSE juga mengalami peningkatan pada semua kategori. Kuesioner dipilih berdasarkan pertimbangan kuesioner dapat diandalkan dan mendapatkan tanggapan memuaskan dari pengguna. Pada desain awal didapatkan nilai pada kategori content, organization, and readability bernilai poor, kategori navigation and links bernilai moderate, kategori design user interface bernilai moderate, dan kategori performance and effectiveness bernilai poor menjadi kategori content, organization, and readability bernilai good, kategori navigation and links bernilai good, kategori design user interface bernilai good, dan kategori performance and effectiveness bernilai moderate pada desain akhir. Dari hasil perbandingan yang didapatkan, maka perbaikan rancangan antarmuka pengguna situs web Dinkop Malang mampu menjawab masalah yang ada pada desain awal.