Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Messenger Menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus pada Aplikasi LINE dan WhatsApp)
Main Author: | Salsabila, Novia Fanny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171203/ |
Daftar Isi:
- Mobile Messanger adalah aplikasi berkirim pesan yang memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain, salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna diseluruh dunia adalah aplikasi LINE dan WhatsApp. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk membandingkan kedua aplikasi tersebut dengan mengevaluasi bagaimana pengalaman pengguna dalam jangka panjang terhadap kedua aplikasi tersebut, mendeskripsikan tentang alasan mengapa kedua aplikasi tersebut menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak dan hubungannya dengan user satisfaction and recommendation dengan menggunakan metode UX Curve. Pengumpulan data dalam metode UX Curve sendiri memiliki 3 tahapan yaitu Innitial Questionnaire, Curve Drawing Templates, dan Final Questionnaire. Penelitian ini menggunakan 20 responden dengan rentang umur 18-24 tahun. Dari pengumpulan data dihasilkan 200 kurva dengan 100 kurva untuk masing-masing aplikasi. 100 kurva tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 5 sudut pandang yaitu general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage dengan masing-masing 20 kurva. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan hingga membentuk grafik yang dikategorikan menjadi improving, deteriorating, dan stable sesuai dengan arah kurva. Dari aplikasi LINE dihasilkan total 27 kurva improving, 7 kurva deteriorating, dan 67 kurva stable. Sedangkan pada aplikasi WhatsApp dihasilkan total 8 kurva improving, 18 kurva deteriorating, dan 74 kurva stable. Selain itu, setiap alasan perubahan juga dihitung untuk mengukur apa saja alasan yang responden miliki untuk setiap kurva perubahan yang mereka gambar. Alasan tersebut terdiri dari alasan positif dan negatif yang kemudian dikategorikan ke dalam persepsi pragmatis dan hedonik, kedua aplikasi ini memiliki total 1024 alasan dari keseluruhan sudut pandang. Keterkaitannya dengan user satisfaction recommendation dilihat dengan menghubungkan sudut pandang attractiveness dan hasil final questionnaire, kepuasan pengguna disini dapat dilihat dengan bagaimana responden merekomendasikan kedua aplikasi kepada teman mereka. 3 dari 20 responden menjawab LINE secara serentak, sedangkan sisanya bergantung pada kebutuhan berkomunikasi apakah kebutuhan tersebut bersifat resmi atau sekaligus untuk bersenang-senang.