Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking dengan Menggunakan Usability Testing (Studi kasus: Aplikasi Jakone Mobile PT.Bank DKI)
Main Author: | Rahman, Muhamad Wido |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171193/ |
Daftar Isi:
- Jakone mobile adalah layanan internet banking produk milik PT. Bank DKI. Dalam penerapannya, pengguna merasa informasi pada Jakone mobile tidak ditampilkan secara detail sehingga membuat pengguna merasa kurang yakin saat menggunakan. Selain itu pengguna merasa cemas ketika melakukan transaksi pada aplikasi Jakone mobile karena aplikasi sering mengalami error, sehingga membuat pelanggan merasa kurang puas. Berdasarkan permasalahan tersebut aplikasi ini perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengukur kegunaaan aplikasi Jakone mobile serta dapat memberikan rekomendasi perbaikan aplikasi Jakone mobile berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dengan aspek yaitu learnability, effectiveness, dan efficiency. Penyebaran kuesioner SUS digunakan untuk mendapatkan aspek satisfaction. Pengujian usability dan wawancara dilakukan oleh 5 orang pengguna baru aplikasi Jakone mobile. Kuesioner SUS dilakukan oleh 20 orang pengguna aktif aplikasi Jakone mobile. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan aspek learnability senilai 94%, aspek effectiveness senilai 11%, aspek efficiency senilai 19%, dan aspek satisfaction senilai 67% dari kuesioner SUS yang menunjukkan aplikasi perlu perbaikan. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan permasalahan pada aspek learnability yaitu deskripsi tidak diberikan keterangan, kesulitan memilih icon, field transfer kurang dipahami. Aspek satisfaction terdapat permasalahan yaitu notifikasi kurang jelas, dan button tidak konsisten. Aspek efficiency terdapat permasalahan yaitu menu sulit ditemukan. Dari permasalahan tersebut akan digunakan untuk menyusun rekomendasi berdasarkan usability guidelines yang sesuai dari permasalahan.