Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan (Studi Kasus: Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
Main Author: | Putra, I Gede Satya Krisna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171188/ |
Daftar Isi:
- Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, dalam menjalankan tugasnya mengalami kendala salah satunya yaitu proses pengajuan keluhan dan permintaan layanan. Proses ini masih dilakukan secara manual menggunakan formulir sehingga memerlukan waktu dan usaha yang lebih dalam melakukannya, kesulitan untuk mengetahui jumlah serta status laporan serta tingkat kepuasan pelapor yang tidak diketahui. Berdasarkan permasalahan di atas dikembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan untuk menghemat waktu dan usaha yang diperlukan dalam melakukan proses bisnis yang dipermasalahkan. Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Penelitian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan yang menghasilkan 7 aktor, 67 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Perancangan sistem dilakukan dengan membuat sequence diagram, class diagram, perancangan basis data, statechart diagram, perancangan komponen serta perancangan antarmuka pengguna. Sistem diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP 7.1 dan HTML serta kerangka kerja Laravel 5.7 dan Bootstrap. Implementasi basis data dilakukan dengan menggunakan MySQL. Pengujian unit dilakukan dengan 3 sampel uji menggunakan basis path testing dengan hasil bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Pengujian integrasi dilakukan dengan 1 sampel uji menggunakan basis path testing, hasil pengujian bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Hasil pengujian validasi pada seluruh fungsionalitas dari Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan yang berjumlah 67, dengan hasil bernilai valid, persentase keberhasilan 100%. Pengujian compatibility menghasilkan bahwa Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan dapat berjalan dengan baik pada Edge 18, Opera 60, Chrome 74, iOS 10-12 dan Android 3-4. Sedangkan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan mengalami minor issues terkait tampilan dan kinerja pada IE 11, Firefox 66 dan Safari 12, serta major issues terkait tampilan atau kinerja pada IE 11 dan Safari 12.