Penerapan Metode Lean UX Pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting Menggunakan Platform Android

Main Author: Rabbanii, Ismail
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171184/
Daftar Isi:
  • Generasi Z merupakan manusia yang lahir pada rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2014 memiliki kecenderungan untuk melakukan aktivitas secara berkelompok bersama kerabat seperti berlibur bersama, makan siang, hingga berbagi tempat tinggal. Hal ini dilaksanakan karena salah satu keuntungannya adalah dapat berbagi beban keuangan atau dapat juga disebut bill splitting. Bill splitting adalah suatu cara untuk membagi beban atas suatu tagihan menjadi dua bagian atau lebih. Tagihan yang dimaksud adalah membagi beban antara pembayar dan yang dibayarkan untuk menikmati suatu layanan secara bersama. Berdasarkan survey yang telah dilaksanakan kepada 28 responden yang lahir pada salah satu tahun 1995 hingga 2014 di Indonesia menunjukan bahwa 64.3% dari total responden memberikan nilai 3 sampai dengan 5 dari skala 1 sampai dengan 5 mengenai seberapa besar kesulitan yang mereka rasakan ketika berbagi tagihan. Dari hasil survey tersebut dapat diartikan bahwa Generasi Z memiliki kesulitan dalam berbagi beban tagihan dan membutuhkan sebuah alat untuk memudahkan mereka dalam berbagi beban tagihan. Pada zaman saat ini, manusia memiliki banyak pilihan alat untuk membantu dalam aktivitas yang dilaksanakan. Salah satu alat yang populer digunakan adalah aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar dengan aplikasi operasi Android. Penelitian ini memberikan jawaban bagi masalah yang telah dijabarkan dengan cara menerapkan Lean UX sebagai metode pengembangan pengalaman pengguna pada aplikasi bill splitting berbasis Android bernama Ezcount. Lean UX adalah sebuah metode pengembangan pengalaman pengguna yang memiliki 4 tahap dalam prosesnya, yakni Declraing Assumptions, Create an MVP, Run an Experiment, dan Feedback & Research. Setelah melalui dua iterasi, pengujian usabilitas pada aplikasi yang telah dibuat menunjukan hasil pada kriteria efektivitas sebesar 92.73%, kriteria efisiensi sebesar 92.00%, dan kriteria tingkat kepuasan pengguna sebesar 85.50%. Apabila menghitung rata-rata dari hasil pengujian tersebut, maka didapatkan nilai akhir pengujian usabilitas aplikasi Ezcount sebesar 90.08% yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi Ezcount memiliki tingkat usabilitas yang sangat baik.