Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Aplikasi Mobile Muslimnesia Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus pada PT.DOT INDONESIA
Main Author: | Primasari, Alfi Rochmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171163/ |
Daftar Isi:
- Aplikasi mobile Muslimnesia adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu umat Islam menjalani gaya hidup Islami yang dikembangkan oleh PT. DOT INDONESIA. Aplikasi ini belum pernah menjalani evaluasi user experience dan belum diketahui kesulitan ketika digunakan oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan metode usability testing berdasakan aspeknya learnability, efficiency, satisfaction, untuk mengidentifikasi permasalahan usability dan user experience questionnaire (UEQ) untuk mengukur level usability dan user experience. Hasil evaluasi awal dengan UEQ berada pada level positif dan benchmarknya berada pada level above average untuk per skalanya (kecuali skala Stimulation dan Novelty berada pada level good) sedangkan usability testing untuk aspek learnability dikatakan baik dengan persentase 96%. Pada aspek efficiency, satisfaction menggunakan UEQ dengan skala efficiency rata-rata nilainya 1.420 berada pada level positif/good, aspek satisfaction termasuk konsep hedonic pada UEQ yang meliputi skala stimulation dan novelty. Skala stimulation rata-rata nilainya 1.430 dan skala novelty 1.140 untuk kedua skala berada pada level positif/good. Permasalahan yang ditemukan sebanyak 15 dan 17 rekomendasi untuk desain perbaikan. Evaluasi selanjutnya dengan desain perbaikan yang sudah dibuat menghasilkan peningkatan setiap skala UEQ tidak terlalu signifikan kecuali pada skala perspicuity yang cukup signifikan. Pada benchmark UEQ desain perbaikan mengalami peningkatan dari level above average menjadi level good per skalanya (kecuali pada skala Dependability di level above average dan skala Stimulation di level excellent). Pada usability testing aspek learnability sebesar 100% dan mengalami peningkatan 4%, aspek efficiency meningkat 6%. Aspek satisfaction meningkatkan skala stimulation 12% dan skala novelty 17%.