Analisis Pola Deformasi Dan Energy Absorption Pada Tapering Corrugated Crash Box Dengan Variasi Sudut Tapered Dan Ketebalan Menggunakan Metode Oblique Crash Test

Main Author: Mahardika, Ida Bagus Putu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171161/
Daftar Isi:
  • Berbagai sistem keselamatan pada kendaraan khususnya mobil telah banyak dikembangkan, salah satunya adalah crash box. Crash box merupakan sistem keamanan pasif yang berfungsi untuk menyerap energi saat terjadi tabrakan sehingga energi yang sampai pada pengemudi dan penumpang menjadi berkurang. Saat ini nerbagai bentuk crash box banyak dikembangkan dengan tujuan untuk memaksimalkan penyerapan energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari sudut tapered dan thickness terhadap energi penyerapan crash box. Penelitian ini menggunakan permodelan uji tabrak oblique crash-test dengan simulasi komputer. Material yang digunakan adalah AA6063-T6. Penelitian ini menggunakan variasi sudut tapered sebesar 5°, 10°, dan 15° serta variasi thickness sebesar 1 mm, 1.5 mm, dan 2 mm. Pengujian berdasarkan instrumented drop mass setup dengan massa dan kecepatan impactor sebesar 275 kg dan 15 m/s. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan perbedaan dari thickness dan juga sudut tapered dapat mempengaruhi pola deformasi dan besar penyerapan energi dari crash box. Semakin besar sudut tapered maka diameter bawah crash box akan semakin besar sehingga inersianya bertambah dan mengakibatkan penyerapan energi dari crash box akan semakin meningkat. Semakin besar nilai ketebalan crash box maka kekakuannya akan meningkat sehingga penyerapan energi juga akan semakin meningkat. Nilai penyerapan energi maksimum terjadi pada model 9 dengan variasi sudut tapered 15° dan thickness 2 mm sebesar 2395.338 J dan force reaction sebesar 39554 N.