Kualitas Pelayanan Bagi Wisatawan Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) Di Kawasan Wisata Kota (Studi Pada Kawasan Wisata Kota Denpasar, Provinsi Bali)
Main Author: | Adiningrat, Gede Pradiva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171109/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan ba9-,i wisatawan berkebutuhan khusus (disabilitas) di kawasan wisata kota. Denis penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatifdeskriptif dengan metode pendekatan fenomenologi. Fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti antara lain dimensi SERVQUAL, faktor pendukung dan faktor penghambat serta deskripsi strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan trian+c4ulasi data. Hasil penelitian penerapan kualitas pelayanan bagi wisatawan berkebutuhan khusus di kawasan wisata kota sudah berjalan dengan baik dengan menyiapkan sumber daya yang kompeten, sosialisasi terhadap penatatan destinasi city tour, profesionalisme kerja dan mengupayakan fasilitas yang.; ramah bagi wisatawan berkebutuhan khusus. Namun terdapat beberapa kendala dalam penerapan kualitas layanan tersebut antara lain belum adanya standarisasi khusus bagi disabilitas kawasan wisata kota, belum adanya pelatihan pemandu wisata khusus, permasalahan dana untuk mengembangkan layanan khusus, jalur komunikasi antar divas yang tidak mudah serta masih ada beberapa hambatan bagi wisatawan berkebutuhan khusus ketika melakukan aktifitas wisata.