Mitos Nikah Muda Di Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Akun Instagram @Gerakannikahmuda)
Main Author: | Zulfa, Indana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171080/ |
Daftar Isi:
- Akun instagram @gerakannikahmuda merupakan salah satu gerakan yang berkampanye mengenai nikah muda di Instagram. Sasaran dari akun ini adalah kalangan anak muda. Melalui kontennya, akun ini memaparkan pemahaman mengenai nikah muda dan gambaran tentang pernikahan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mitos apa saja mengenai konsep nikah muda dalam akun @gerakannikahmuda di media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes, yaitu dengan menggunakan tiga unsur pemaknaan. Pemaknaan tingkat pertama yaitu denotasi, pemaknaan tingkat kedua yaitu konotasi, dan juga mitos-mitos yang berkembang di dalamnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi online dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi penting mengenai fenomena nikah muda serta untuk mendokumentasikan postingan yang pada akun @gerakannikahmuda yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari penelitian ini diketahui bahwa akun instagram @gerakannikahmuda melalui konten visual dan teks keterangannya (caption), ditemukan mitos mengenai nikah muda sebagai suatu hal yang baik, mitos bahwa nikah muda itu mudah dan mitos bahwa menikah muda itu tidak perlu memandang usia, tidak masalah walaupun menikah di usia sekolah karena usia bukan tolak ukur utama dalam pernikahan. Namun perlu diperhatikan juga tujuan utama melakukan nikah muda, dan memepertimbangkan dari segi kesiapan, kemauan untuk berkomitmen dan bertanggung jawab serta memiliki pemahaman agama yang baik untuk menjalani kehidupan pernikahan.