Optimasi Parameter Desain Crash Box With Honeycomb Filler dengan Response Surface Methodology untuk Peningkatan Specific Energy Absorption
Main Author: | Ulfa, Dewi Mariya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170994/ |
Daftar Isi:
- Crash box adalah suatu komponen keselamatan pasif yang berfungsi sebagai penyerap energi tabrak yang terpasang di antara bumper dan rangka utama pada mobil. Saat ini penambahan filler pada crash box banyak dikembangkan, salah satunya adalah penambahan honeycomb sebagai filler crash box yang bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan energi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan kondisi optimum parameter desain Crash Box with Honeycomb Filler. Penelitian ini menggunakan metode simulasi komputer dengan software berbasis Metode Elemen Hingga. Parameter desain yang digunakan adalah tebal crash box (T), panjang honeycomb dari atas (HU) dan panjang honeycomb dari bawah (HL) terhadap Spesific Energy Absorption (SEA) menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Crash Box with Honeycomb Filler ditabrak oleh impactor menggunakan konsep Instrumented Drop Mass Setup, di mana massa impactor adalah 600 kg dan kecepatannya 15 m/s. Berdasarkan hasil dari simulasi, desain optimum Crash Box with Honeycomb Filler yang dipilih adalah desain dengan T=1.6999 mm, HU= 40.0184 mm, HL= 40.0466 mm. Model crash box tersebut memiliki nilai Spciific Energy Absorption sebesar 45058.4220J/ kg dan force reaction sebesar 84115.8739 N. Semakin besar nilai T, akan meningkatkan nilai SEA, sedangkan semakin besar nilai HU dan HL maka akan menurunkan SEA.