Analisis Pola Deformasi dan Energy Absorption pada Corrugated Tapered Crash Box dengan Variasi Sudut Tapered dan Ketebalan Menggunakan Metode Frontal Crash Test
Main Author: | Damayanti, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170991/ |
Daftar Isi:
- Meningkatnya jumlah kecelakaan yang terjadi, terutama tabrakan frontal, membuat tingkat keselamatan kendaraan perlu ditingkatkan. Crash box adalah salah satu sistem keselamatan pasif pada kendaraan yang berfungsi untuk mengatasi risiko kecelakaan dengan menyerap energi tabrakan dan mengubahnya menjadi energi regangan untuk deformasi. Banyak penelitian telah dilakukan untuk meningkatkan penyerapan energinya dimulai dengan memvariasikan penampang melintang, memberikan tapered pada dindingnya dan memberikan profil corrugated (bergelombang). Tapering membantu meningkatkan kekakuan crash box sehingga penyerapan energi menjadi lebih besar, sedangkan memberikan profil corrugated membantu untuk mendapatkan initial peak yang lebih rendah sehingga proses deformasi lebih mudah. Oleh karena itu, penelitian terhadap corrugated tapered crash box diharapkan mendapatkan dua karakteristik tersebut. Untuk mengetahui hasilnya, sudut tapered yang digunakan adalah 10 ̊, 7.5 ̊ dan 5 ̊, sedangkan profil bergelombang yang digunakan adalah sinusoidal. Selain itu, ketebalan yang digunakan 1,6 mm; 1.8mm dan 2mm. Metode yang digunakan adalah simulasi komputer frontal crash test menggunakan ANSYS Workbench 17.0. Dari penelitian didapatkan bahwa pola deformasi pada semua model berbentuk concertina (axisymmetric). Energy Absorption terbesar dimiliki oleh model ke-9 dengan sudut tapered terendah, yaitu 5 ̊ dan ketebalan terbesar, yaitu 2 mm.